ANALISIS SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI PAUD PERMATA BERLIAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1594Abstract
Tujuan pendidikan sangat menentukan suatu keberhasilan pendidikan, karena prasarana sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana berpengaruh terhadap proses pembelajaran, sehingga menentukan pembelajaran yang berjalan efektif dan efisien. Dengan adanya penelitian ini maka peneliti akan mengkaji tentang pengelolaan sarana dan prasarana meliputi, perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran pengelolaan sarana dan prasarana di lembaga PAUD. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian diuraikan dalam bentuk kata-kata untuk ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat yaitu: Sarana dan prasarana berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di PAUD permta berlian Sarana sangat mempengaruhi motivasi belajar anak. Sarana yang ada di paud yaitu APE permainan balok, puzzle antomi tubuh, alat pertukangan, rambu-rambu, buah-buahan, sayur-sayuran, puzzle angka dan huruf, persamaan persegi, puzzle bola dan nomor, puzzle perabotan rumah, puzzle bentuk pakaian. Kursi, meja, buku, papan tulis, pensil warna. Prasarana adalah segala sesuatu yang menjadi penunjang utama untuk terselenggaranya sebuah proses tertentu. Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di PAUD permata berlian prasarana membuat anak merasa nyaman saat proses pembelajaran yang dilaksanakan. Prasarana yang ada di PAUD adalah ayunan, besi jungkit, peluncuran, bak pasir, bak bola, kantor,lapangan/halaman, kamar mandi/WC, ruang kelas. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan melihat kebutuhan kemudian disesuaikan dengan lahan dan dana yang dimiliki, pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara membeli atau meminjam dan dana yang diperoleh dari yayasan, BOP, dan sumbangan orang tua murid, penggunaan dilakukan dngan cara menganalisis kebutuhan, perkembangan dan disesuaikan dengan tema pembelajaran, pemeliharaan dilembaga PAUD dilakukan secara rutin, berskala, dan darurat. Berdasarkan hasil penelitian dan tujuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah sarana dan prasarana dalam pembelajaran di PAUD permata berlian secara umum tergolong baik. Artinya bahwa sarana dan prasarana dalam pembelajara di PAUD permata berlian telah dikelola dengan benar dan melalui tahapan perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarananya.
Â
Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Pengelolaan Sarana Dan Prasarana
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2013. Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fatmawati, N. 2019. Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 2
Gunawan. I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Kesuma, D. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rordakarya.
Prastyawan. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman. Volume 6, Nomor 1.
Rachman. 2015. 5 Pendekatan Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK, R&D). Yogyakarta: Magnum Pustaka.
Rosivia. 2014. Peningkatan Pengelolaan Prasarana Pendidikan Di SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1.
Rusydi, A & Oda, K.B. 2017. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: Widya Puspita.
Saepulloh & Hidayat, N.H. 2021. Manajemen Fasilitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Mutiara.Vol. 6 No. 1
Subhan. 2021. Analisis Implementai Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 2 Kraksaan-Probolinggo. Jurnal Manajerial Bisnis. Vol. 4 No. 2.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi B & Sulis R. 2018. Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana untuk SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.