PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA POHON HURUF

Lilian Slow, Yuli Budhiarti, Eti Susana

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengenal huruf pada siswa TK Negeri Satu Atap kenaman. Anak belum mencapai setiap indikator seperti menirukan bunyi huruf, menyebutkan huruf, menyusun huruf, mengenali bentuk huruf, dan merangkai suku kata menjadi kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah penggunaan media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui proses pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 7 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I diperoleh dari ketuntasan belajar siswa secara individual atau pun klasikal dengan nilai rata-rata kelas adalah 39,04% dan meningkat pada siklus II 88,80%. Kemampuan guru mengajar sangat baik, berdasarkan hasil, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah berhasil karena persentase kemampuan mengenal huruf anak dan aktivitas mengajar guru di siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan. Disimpulkan dengan menerapkan media ini dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1028

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.