PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA POHON HURUF
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengenal huruf pada siswa TK Negeri Satu Atap kenaman. Anak belum mencapai setiap indikator seperti menirukan bunyi huruf, menyebutkan huruf, menyusun huruf, mengenali bentuk huruf, dan merangkai suku kata menjadi kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah penggunaan media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui proses pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 7 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I diperoleh dari ketuntasan belajar siswa secara individual atau pun klasikal dengan nilai rata-rata kelas adalah 39,04% dan meningkat pada siklus II 88,80%. Kemampuan guru mengajar sangat baik, berdasarkan hasil, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah berhasil karena persentase kemampuan mengenal huruf anak dan aktivitas mengajar guru di siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan. Disimpulkan dengan menerapkan media ini dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1028
Article Metrics
Abstract view : 250 timesPDF - 215 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.