PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HUBUNGAN ANTAR SUDUT MENGGUNAKAN MEDIA HUBANTSUKA PADA KELAS VII SMP NEGERI 7 NANGA PINOH

IFANA RIA HANIFAH, LINDA DWI SAPUTRI, NURUL APSARI

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep hubungan antar sudut setelah diberikan media hubantsuka di kelas VII SMP Negeri 7 Nanga Pinoh. Siswa belum memahami konsep hubungan antar sudut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan Pre-Experimental Design menggunakan bentuk One-Group Pretest-Posttest design. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Nanga Pinoh. Pengambilan sampel dengan teknik sampel total kelas VII dengan jumlah keseluruhan 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep antara sebelum dan sesudah diberikan media hubantsuka yang memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 43,9 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,7. Data tersebut menunjukkan perbedaan sebesar 37,8. Artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep hubungan antar sudut setelah diberikan media hubantsuka.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Hubungan Antar Sudut, Media Hubantsuka

Abstract : The purpose of this research was to find out whether there was an increase in understanding the concept of the relationship between angles after being given hubantsuka media in class VII SMP Negeri 7 Nanga Pinoh. Student don’t understand the concept of the relationship between angles. This research uses a quantitative method of experimental type with Pre-Experimental Designs using the form of One-Group Pretest-Posttest design. The population includes all seventh grade students at SMP Negeri 7 Nanga Pinoh. Sampling with a total sample technique of class VII with a total of 25 students. The results showed that there was an increase in concept understanding between before and after being given hubantsuka media which obtained an average pretest score of 43.9 and average posttest value of 81.7. The data shows a difference of 37.8. This means that there is an increase in understanding the concept of the relationship between angles after being given the hubantsuka media.           

Keywords : Concept Understanding, Relationship Between Angles, Hubantsuka Media


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, K. N. 2017. Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 2(2), 87-94.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hamzah, Ali., dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Manurung, N. W. 2020. Desain Pengembangan Alat Peraga Hubungan Antara Sudut Matematika (Hubantsuka) Pada Materi Garis dan Sudut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Putra, I. P., dkk. 2020. Berpikir Kreatif Melalui Teori Van Hielle Pada Konsep Volume Tabung. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI). 1(2), 42-49.

Ramadhani, W. P. Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. JUPITEK Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 77-86.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, R.A., dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. 1(2), 245-256.

Yuliani. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Berbantu Alat Peraga Hubantsuka (Hubungan Antar Sudut Matematika) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII MTs Al-Istiqamah. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i2.748

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF - 301 times

Copyright (c) 2022 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.