EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR

Rahmadi Saputra, Betania Betania, Linda Dwi Saputri

Abstract


Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Discovery Learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental design yaitu Intact-Group Comparison dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan kelas eksperimen dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan perhitungan uji T (paired samples test), hasil pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,656 > 0,05 t hitung pada kelas kontrol adalah (-0,455) karena nilai pretest lebih rendah dari posttest maka t hitung tetap dinilai positif yaitu t hitung < t tabel (0,455<2,131), hasil nilai posttest kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung yaitu 4,341 dimana t hitung > t tabel (4,341>2,042). Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh µ5 = 2 dan µ6 = 0,4375. Karena parameter rata-rata selisih hasil tes kemampuan pemecahan masalah setelah diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning lebih besar dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah setelah diajarkan dengan pembelajaran Langsung, maka dapat dikatakan model pembelajaran Discovery Learning sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar SMP Negeri 1 Nanga Pinoh.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract : The purpose of this research is to find out and describe the effectiveness of the Discovery Learning learning model in terms of problem solving abilities. This research was conducted at SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. This research is a pre-experimental design research, namely Intact-Group Comparison with a quantitative approach. The selection of the experimental class in this study was carried out using the Simple Random Sampling technique. The results of this study were obtained based on the calculation of the T test (paired samples test), the pretest and posttest results of the experimental class showed Sig. (2-tailed) of 0.656 > 0.05 t count in the control class is (-0.455) because the pretest value is lower than the posttest, the t count is still considered positive, namely t count < t table (0.455 <2.131), the second posttest value results the experimental class and the control class showed t count, namely 4.341 where t count > t table (4.341> 2.042). Based on the results of the data analysis above, it was obtained µ5 = 2 and µ6 = 0.4375. Because the average parameter of the difference in problem-solving ability test results after being taught with the discovery learning learning model is greater than the problem-solving ability test results after being taught with direct learning, it can be said that the Discovery Learning learning model is very effective in improving students' mathematical problem-solving abilities at materials for flat shapes at SMP Negeri 1 Nanga Pinoh.

 

Keyword : Effectiveness, Discovery Learning, Problem Solving Ability.


Full Text:

PDF

References


Aty Nurdiana. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X IPA. Diterbitkan (online). https://www.neliti.com/id/publications/318902/pengaruh-model-discovery-learning-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematik, diakses pada 5 Juli 2022.

Entya Esa Fitmawati. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Diterbitkan (online). http://simki.unpkediri.ac.id/detail/11.1.01.05.0075, diakse pada 5 Juli 2022

Evi. 2014. Mengembangkan Kemam-puan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matema-tika Siswa SMP di ProvinsiGorontalo Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Seperitem. Hasil Penelitian Hibah Universitas Negeri Gorontalo 2014. Diterbitkan [online]. http://repository. Ung.ac.id. (Diakses pada 4 Juli 2022).

Fitriana, R. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Kumpulan makalah seminar semirata, Lampung.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill. Diterbitkan (online). http://library .um.ac.id/free contents/index.php/buku/detail/pembelajaran-discovery-strategy-mental-vocational-skill-mohammad-takdir-ilahi-45296.html, diakses pada 4 Juli 2022.

Kurniasih, I. Dan Sani, B. 2014.Sukses MengimplementasikanKurikulum 2013.Yogyakarta:Kata Pena.

NCTM. 2007. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

NCTM 2000. Principles And Standards For School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Okpiyanto, Teguh, Wahyudi, Tri Nova Hasti Yunianta. 2015. Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII Semester GanjilTahun Ajaran 2014/2015 di SMPN 2 Susukan. Jurnal. Salatiga : UKSW. (online). http:// repository. uksw.edu/bitstream/123456789/5610/3/T1_202010024_Ful%20text.pdf , diakses pada 4 Juli 2022.

Rina Kurnia. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda Pagar Puding Kecamatan. Tebo Ulu. Diterbitkan (online). http://repository.uinjambi.ac.id/668/, diakses pada 5 Juli 2022.

Tunjung Dyah Ovi Pramaeda, Siska Candra Ningsih. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Diterbitkan (online). http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/5576, diakses pada 5 Juli 2022.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v3i1.1008

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 137 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.