KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL
DOI:
https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2561Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) berbantu media kartu soal untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa dilihat dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan literasi matematika siswa. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Gondang. Penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yakni kelas VIII-A yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif dengan desain one shoot case study. Kriteria keberhasilan yang digunakan adalah pembelajaran dikatakan efektif jika ketiga aspek tersebut terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mendapatkan presentase 94% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik aktivitas siswa mendapatkan presentase 83% sehingga termasuk dalam kategori baik dan hasil tes kemampuan literasi matematika diketahui bahwa siswa memperoleh kriteria kemampuan literasi matematika baik sebanyak 21 siswa, adapun presentase secara klasikal yakni 87%.
Â
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media, Kartu Soal, Literasi Matematika
 Â
Â
Abstract : This study aims to determine the effectiveness of the problem based learning (PBL) model assisted by question card media to support students' mathematical literacy skills from teacher activities, student activities, and students' mathematical literacy skills. The population of this study is grade VIII students of MTs. Miftahul Ulum Gondang. This study uses Simple Random Sampling, namely class VIII-A consisting of 24 students. The research used used descriptive quantitative with a design one shoot case study. The success criterion used is that learning is said to be effective if these three aspects are met. The results of the study showed that teacher activities received a percentage of 94% so that they were included in the very good category, student activities received a percentage of 83% so that they were included in the good category and the results of the mathematical literacy ability test were known that students obtained the criteria for good mathematical literacy skills as many as 21 students The classical percentage is 87%.
Â
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Media, Question Cards, Mathematical Literacy
References
Agustin, T., & Mayasari, N. (2022). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN STATISTIK SISWA KELAS XI TKR SMKN 3 BOJONEGORO. In Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN (Vol. 1, Issue 2).
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., Purbowati, D., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Surakarta, I. (2021). EKSPLORASI KEGIATAN PRAKTIKUM IPA PGMI SELAMA PANDEMI COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 6(1).
Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236
Barutu, A., Rahimah, D., & Herawty, D. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) (Vol. 1, Issue 2).
Bella Margaretta, S., Maulidiya, D., Susanto Pengaruh Kemampuan Literasi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi SPLDV Kelas VIII, E., Susanto, E., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SPLDV KELAS VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 286–299. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.286-299
Bito, N., Hadjaratie, L., Katili, N., Hasdiana, H., Badu, S. Q., Hulukati, E., & Djafrie, N. (2023). Efektivitas Rancangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Literasi Numerasi di SMP Negeri 11 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 172–180. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v4i2.21141
Erria, R., Nirawati, R., Ester Paruntu, P., Singkawang, S., Negeri, S., & Utara, H. (2023). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIKA. In JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH (Vol. 6, Issue 1).
Halimah, H. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 1, 171–191. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8, 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Homepage, J., Nor Hidayah, A., & Wulansari, A. (n.d.). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK). 55 JIPTEK, 15(1), 2022. https://doi.org/10.20961/jiptek.v%vi%i.65806
Keilmuan Pendidikan Matematika, J., Septia Damanik, A., & Handayani, R. (2023). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. In OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 3).
Lestari, P., & Romdiani, N. S. (2018). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. 1. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Masykur, R., Nofrizal, ;, & Syazali, ; Muhamad. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 8, Issue 2).
Negeri, S., Tasikmalaya, K., & Artikel Abstrak Histori Artikel, I. (n.d.). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Tahun Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 2021. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3254
Nyoman Arca Aspini Negeri, N. S. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., FIP Lantai, G. B., Setiabudhi, J., Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa 21 JPGSD.
RAPOR-PENDIDIKAN-INDONESIA-2023. (n.d.).
scholar. (n.d.).
Supriono, L. O., Sukmawati, S., & Baharullah, B. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Paccerakkang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 279–287. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1137
Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
Triyono, T. (2018). TEKNIK SAMPLING DALAM PENELITIAN. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19674.24003
Wati, I. M., Nofriyadi, R., & Karmelia, N. A. (n.d.). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PBL DAN SAINTIFIK RME TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV (Vol. 4).
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.