Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Statistika Setelah Penerapan Model Discovery Learning

Authors

  • Al Lian Miskawaih Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam majapahit, Indonesia
  • Deka Anjariyah Universitas Islam Majapahit, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2529

Abstract

Abstrak : Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika dan juga mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model discovery learning. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Dalam pemilihan sampel dari suatu populasi peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling dan kelas VIII-A terpilih sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh presentase 92,1% yang termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa juga mendapatkan presentase 94,1% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa siswa memliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi 28,12%, tinggi 4,75 % , sedang 3,12 %, rendah 18,75%, sangat rendah 6,25 %. Kemudian juga  menghitung kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal dimana siswa yang mendapat nilai minimal pada kategori tinggi atau > 70. Dari data tes kemampuan berpikir kritis terdapat sebanyak 23 siswa dari 32 siswa yang mendapatkan nilai > 70 dalam melaksanakan tes kemampuan berpikir kritis dan mendapatkan presentase 71,87 %.

Kata Kunci : Discovery Learning; kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Statistika

References

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65–74.

Ermayanti, & Sulisworo, D. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Quantum, 42, 175–181.

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.).

Guhn, M., Gadermann, A., & Wu, A. D. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 6737–6739. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3063

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, & Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).

Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684

Lestari, S. . D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Spldv. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2222

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384

Mendri, M. A., Retta, A. M., & Syaflin, S. L. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas iv SD Negeri 6 Talang kelapa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 365–376.

Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Shalihah, M. (2019). Implementasi Kombinasi Model Pembelajaran Think, Pairs And Share (Tps), Cooperative Script Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Sdn Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 151–165.

National Educational Assocation. (2015). Preparing 21st Century Students for a Global Society : An Educator’s Guide to the " Four Cs " Great Public Schools for Every Student. National Education Association, 6–7.

Page, D., & Mukherjee, A. (2006). Using Negotiation Exercises To Promote Critical Thinking Skills. Developments in Business Simulation and Experiential Learning, 33, 71–78.

Partnership for 21 st Century Skills. (2015). Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration. Ohio Department of Education, 1.

Pembelajaran, J., Inovatif, M., Septiani, M., Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. 6(6), 2249–2256. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.17622

Sugiyono. (2016). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. In Revista de Química (Vol. 9, Issue 1, pp. 1–14).

Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Aktivitas Belajar Siswa, 1–8.

Syah, M. (2006). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240

Zulqarnain, S. A. M. H., Dr. M. Shoffa Saifillah Al-Faruq, M. P. I., & Dr. Sukatin, S. P. I. M. P. I. (2009). Psikologi Pendidikan. Deepublish.

Published

2025-10-21

How to Cite

Miskawaih, A. L., Rahayuningsih, S., & Anjariyah, D. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Statistika Setelah Penerapan Model Discovery Learning. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2529

Issue

Section

Articles

Citation Check