Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Statistika Setelah Penerapan Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2529Abstract
Abstrak : Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika dan juga mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model discovery learning. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Dalam pemilihan sampel dari suatu populasi peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling dan kelas VIII-A terpilih sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh presentase 92,1% yang termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa juga mendapatkan presentase 94,1% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa siswa memliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi 28,12%, tinggi 4,75 % , sedang 3,12 %, rendah 18,75%, sangat rendah 6,25 %. Kemudian juga menghitung kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal dimana siswa yang mendapat nilai minimal pada kategori tinggi atau > 70. Dari data tes kemampuan berpikir kritis terdapat sebanyak 23 siswa dari 32 siswa yang mendapatkan nilai > 70 dalam melaksanakan tes kemampuan berpikir kritis dan mendapatkan presentase 71,87 %.
Kata Kunci : Discovery Learning; kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Statistika
References
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65–74.
Ermayanti, & Sulisworo, D. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Quantum, 42, 175–181.
Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.).
Guhn, M., Gadermann, A., & Wu, A. D. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 6737–6739. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3063
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, & Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).
Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684
Lestari, S. . D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Spldv. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2222
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Mendri, M. A., Retta, A. M., & Syaflin, S. L. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas iv SD Negeri 6 Talang kelapa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 365–376.
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Shalihah, M. (2019). Implementasi Kombinasi Model Pembelajaran Think, Pairs And Share (Tps), Cooperative Script Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Sdn Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 151–165.
National Educational Assocation. (2015). Preparing 21st Century Students for a Global Society : An Educator’s Guide to the " Four Cs " Great Public Schools for Every Student. National Education Association, 6–7.
Page, D., & Mukherjee, A. (2006). Using Negotiation Exercises To Promote Critical Thinking Skills. Developments in Business Simulation and Experiential Learning, 33, 71–78.
Partnership for 21 st Century Skills. (2015). Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration. Ohio Department of Education, 1.
Pembelajaran, J., Inovatif, M., Septiani, M., Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. 6(6), 2249–2256. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.17622
Sugiyono. (2016). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. In Revista de QuÃmica (Vol. 9, Issue 1, pp. 1–14).
Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Aktivitas Belajar Siswa, 1–8.
Syah, M. (2006). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240
Zulqarnain, S. A. M. H., Dr. M. Shoffa Saifillah Al-Faruq, M. P. I., & Dr. Sukatin, S. P. I. M. P. I. (2009). Psikologi Pendidikan. Deepublish.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.



