MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI BERBANTUAN LKPD TERSTRUKTUR

Authors

  • Widya Susanti Universitas Tanjungpura
  • Sudiansyah Sudiansyah

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2336

Abstract

Abstrak : Pendekatan diferensiasi dalam pengajaran matematika dalam era kurikulum merdeka menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tantangan dalam mencapai pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural yang mendalam dengan menyesuaikan metode pengajaran sesuai kebutuhan individual siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan pedagogis (PTP) untuk mengevaluasi efektivitas intervensi pembelajaran yang menggunakan pendekatan diferensiasi berbantuan LKPD terstruktur dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa pada materi Eksponen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kedua aspek pemahaman matematis, dengan skor rata-rata pemahaman konseptual meningkat dari 33,46 menjadi 70,77, dan skor rata-rata kelancaran prosedural meningkat dari 50 menjadi 80. Meskipun terdapat variasi antara subjek, temuan ini menyoroti bahwa intervensi pembelajaran menggunakan pendekatan diferensiasi berbantuan LKPD terstruktur dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Implikasi praktis dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan diferensiasi dan penggunaan LKPD terstruktur dalam pengajaran matematika untuk memaksimalkan potensi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Keterampilan Prosedural, Pendekatan Diferensiasi, Pemahaman Konseptual, dan, LKPD terstruktur

 

 

 

Abstract: Differentiation approach in mathematics teaching in the era of curriculum freedom becomes one of the solutions to address the challenges in achieving deep conceptual understanding and procedural skills by adjusting teaching methods according to individual student needs. This study employs the pedagogical action research method (PTP) to evaluate the effectiveness of learning interventions using a differentiation approach aided by directed Student Worksheets (LKPD) in improving students' conceptual understanding and procedural fluency in Exponents material. The results show a significant improvement in both aspects of mathematical understanding, with the average conceptual understanding score increasing from 33.46 to 70.77, and the average procedural fluency score increasing from 50 to 80. Despite variations among subjects, these findings highlight that learning interventions using a differentiation approach aided by directed LKPD can be an effective strategy in enhancing student understanding in mathematics learning. The practical implications of this study emphasize the importance of implementing differentiation approaches and using directed LKPD in mathematics teaching to maximize student learning potential.

 

 

Keywords: Procedural Skills, Differentiation Approach, Conceptual Understanding, Directed LKPD

References

Akhiruddin, Sujarwo, & Atmowardoyo, H. N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. In Cv. Cahaya Bintang Cemerlang.

Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan E-Lkpd untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan (Widyadari), 24(1).

Balkist, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunadaksa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Inklusif. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1005

Erita, S. (2013). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Dalam Pembelajaran Matematika Oleh: Selvia Erita. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Fiyana, R. (2011). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Tunanetra Kelas X Inklusi SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Jurnal Prosiding.

Gusniwati, M. (2015a). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif 5(1):26-41, 5(1).

Gusniwati, M. (2015b). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Kadir, & Masi, L. (2014). Penggunaan konteks dan pengetahuan awal matematika dalam pembelajaran keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3).

Mulyana, A. (2020). Pengertian Belajar dan Pembelajaran Matematika. Ainamulyana.Blogspot.Com.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, A. A., Inayah, ini, Paundria Nagari, G., Setiawan, K., Anisah, N., & Indraprasta PGRI, U. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).

Nurrahmah, A., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Isnarto, I. (2022). Tinjauan Pustaka Sistematis : Abstraksi Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694

Purwidodo, A., & Zaini, M. (2016). Teori dan Praktik: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Rayanti, N., Nidya Nina Ichiana, & Rezkianti Hasan. (2022). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Kelas X. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.29028

Reichwald, S., Treece, R., & DeStefano, D. (2023). Action Research. In Reimagining Research: Engaging Data, Research, and Program Evaluation in Social Justice Counseling. https://doi.org/10.4324/9781003196273-11

Rizki, S., Mastuang, M., & M, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Direct Instruction untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Materi Gerak Melingkar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.3295

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(November).

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2). https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Setiawan, E., & Indana, S. (2021). Validitas LKPD Berbasis PjBL pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2). https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p250-256

Simin, S., Yani T., A., & Bistari, B. (2021). Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dari Struktur Kognitif pada Konsep Limit Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1112

Susilawati, W. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Matematika. In Cv. Insan Mandiri.

Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1). https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192

Suyandi, R. I., Yuliani, A. M., & Putriawati, W. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September).

Syafitri, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Di Kelas Vii Smp Pada Materi Aljabar. Thesis, 1(1).

Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3).

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Susanti, W., & Sudiansyah, S. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI BERBANTUAN LKPD TERSTRUKTUR. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 61–70. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2336

Issue

Section

Articles

Citation Check