Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturullay Responsive Teaching Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2332Abstract
Abstrak: Studi ini diarahkan untuk mengetahui efektivitas model PBL yang disesuaikan dengan konteks budaya melalui penggunaan e-LKPD dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI-2. Kegiatan ini terlaksana di SMA Negeri 10 Semarang, dengan fokus pada peserta didik kelas XI-2 sebagai subjek penelitian. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam studi ini, menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Metode pengambilan data melalui ujian yang mengukur kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi matriks. Temuan dari studi ini memperlihatkan bahwa pembelajaran PBL dengan pendekatan culturully responsive teaching yang didukung oleh E-LKPD berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Bukti yang mendukung kesimpulan ini meliputi: (1) adanya peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah setelah posttest, (2) terjadi peningkatan dalam skor rata-rata pretest ke posttest, dari 79,08 menjadi 93,5, dan (3) Hasil uji N-Gain sebesar 0,7494, menandakan adanya peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah matematis berada pada kategori tinggi.
Â
Kata Kunci: Problem based learning, kemampuan pemecahan masalah
 Â
Â
Abstract : This study aims to determine the effectiveness of a culturally responsive PBL model using e-LKPD in improving the problem-solving skills of students in grades XI-2. This activity was carried out at SMA Negeri 10 Semarang, focusing on Grade XI-2 students as research subjects. A quantitative approach was used in this study using a single-group post-test experimental design. The data collection method involves taking a test that measures the ability to solve mathematical problems in a matrix material. The results of this study show that PBL learning with a culturally responsive teaching method supported by E-LKPD was successful in improving students' problem-solving skills. Evidence supporting this conclusion includes: (1) an increase in problem-solving ability after the post-test, (2) an increase in mean score from pretest to posttest, from 79.08 to 93.5 , and (3) the N-gain value reached 0.0.7494, indicating a greater ability to solve high-level mathematical problems.
Â
Keywords: Problem based learning, problem solving abilities
References
Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 912–917.
Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis Dengan Menggunakan PembelajaranDaring. Wilangan, 1(2), 150–161.
Magfiroh, L., Ayuningtyas, E., & Savitri, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Seminar Nasional IPA XIII “Kecemerlangan Pendidikan IPA Untuk Konservasi Sumber Daya Alam,†57–68. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2284
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Prihandono, T., Supriyono, A., Mailina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43462
Rasiman, R., & Utami, R. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Di SMK Texmaco Pemalang. … Seminar Nasional Matematika …, 2015, 335–339. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/74%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/74/57
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 13(Nomor 2), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354
Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 27–39. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/16119%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/download/16119/8153
Sofiyani, A. N., & Zaenuri. (2023). Keefektifan Model PBL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 125–136.
Syafitri, S., Yuspriyati, D. N., & Sabandar, J. (2023). Pengembangan Lkpd Berbantuan Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2099–2110. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.19904
Syar, M. N., Husniati, A., & Kristiawati. (2023). Efektivtas Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Upt Spf Sd Inpres Barombong 3. Journal of Education and Counselling, 1(2), 303–312.
Syarifah, F. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wati, D. A. (2024). Penerapan Problem Based Learning Dengan LKPD Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. 2, 52–60.
Yasin, M., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Integrasi Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 728–747. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.323
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.