KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCY PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING

Authors

  • Inarotus Saidah Universitas PGRI Semarang
  • Supandi Supandi Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Christina Purwaningsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2331

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dalam pembelajaran PBL terintegrasi CRT terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematik pada pembelajaran PBL terintegrasi CRT. Penelitian ini menggunakan mixed methode dengan desain sequential explanatory. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-2 dan dan XI-4. Subjek penelitian ini dipilih 6 peserta didik berdasarkan kategori resiliensi matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji rata-rata, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan uji regresi linier sederhana. Teknik analisis data kualitatif yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PBLterintegrasi CRT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik , hal ini ditunjukkan dengan hasil (1) KPM peserta didik pada pembelajaran PBL terintegrasi CRT mencapai ketuntasan individual dengan rata-rata hasil tes KPM peserta didik dengan PBL terintegrasi CRT lebih dari 70; (2) KPM peserta didik pada PBL terintegrasi CRT mencapai ketuntasan klasikal dengan proporsi peserta didik yang tuntas individual pada pembelajaran PBL terintegrasi CRT lebih dari 75%; (3) rata-rata KPM kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control; dan (4) terdapat pengaruh resiliensi matematik sebesar 13,7%. terhadap KPM peserta didik pada pembelajaran PBL terintegrasi CRT. 

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Resiliensi Matematik, Problem Based Learning.

  

Abstract : This study aim of research is to determine the effectiveness of CRT-integrated PBL on students' problem-solving abilities and to describe problem-solving abilities in terms of mathematical resilience in CRT-integrated PBL. This research uses mixed methods with an explanatory sequential design. This research was carried out at SMA Negeri 10 Semarang. The sample in this study was class XI-2 and and XI-4. The subjects of this research were 6 students selected based on the categories of high, medium and low levels of mathematical resilience. Quantitative data analysis techniques use normality tests, homogeneity tests, average tests, proportion tests, average difference tests, and simple linear regression tests. Qualitative data analysis techniques are the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research indicate that CRT integrated PBL is effective on students' problem solving abilities, this is shown by the results (1) KPM students in CRT integrated PBL learning achieve individual mastery with the average KPM test results of students with integrated PBL CRT more than 70; (2) KPM students in CRT-integrated PBL achieve classical completion with the proportion of students who individually complete CRT-integrated PBL learning of more than 75%; (3) the average KPM for the experimental class is better than the control class; and (4) there is an influence of mathematical resilience of  on students' KPM in CRT integrated PBL learning.

 

Keywords: Problem solving ability, Mathematical resiliency, Problem Based Learning.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.

Andriani, D., & Nurjaman, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep materi segitiga dan segiempat pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 1015-1026. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228.

Ariawan, R., Nufus. H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2) : 82-91

Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(2), 223–234

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cahyani, H., Setyawati. R.W. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA

Duch. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, B., Riau, S., Junaedi, I., & Artikel, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran PBL. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 166–177.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta: UNY

Fraser, B. J., & Tobin, K. G. (2014). Cultural and Language Diversity in schools: Managing the Learning Environment. Routledge.

Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. Teachers College Press.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. Teachers College Press.

Hafiz, M., Darhim, & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of mathematical resilience among students with problem based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematis siswa. Refika Aditama.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Johnston-wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing mathematical resilience. BERA Conference 1st - 4th September 2010, University of Warwick, September.

Kooken, Welsh, Mccoach, Johnston-Wilder, & Lee. (2013, May). Measuring Mathematical Resilience: An Application Of The Construct Of Resilince To The Study Of Mathematics. Education and Proverty: Theory, Research, Policy and Praxix.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp ditinjau dari resiliensi matematik. Jpmi. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p933-940.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.

NCTM. (2017). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematcal Method, second edition. United State: Princeton University Press

Prabawa, E. A. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Puteha, M., & Ibrahim, M. (2010). The usage of self-regulated learning strategies among form four students in the mathematical problem-solving context: A case study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 446–452. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.061.

Sari Anjalika, Yunita Arian Sari, D.N. (2023). Jurnal Asimilasi Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Keywords : 1(2), 110-118.

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569.

Syahri, Andi Alim dkk. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori John Dewey Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika (Al Khawarizmi), 4 (1), 6-12.

Ulya, H.(2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(1) : 90-96

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Saidah, I., Supandi, S., Prasetyowati, D., & Purwaningsih, C. (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCY PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 18–26. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2331

Issue

Section

Articles

Citation Check