BARISAN BILANGAN TERKAIT DENGAN AL-QUR’AN SURAH AS-SHAF 4

Khairunnisa Khairunnisa, Linda Damayanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Barisan Bilangan terkait dengan Al-qur’an Surah As-Shaf ayat 4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kulitatif dengan metode studi kepustakaan. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan data apa adanya, menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelas dengan cara kualitatif, Sementara studi kepustakaan merupakan pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaaahan buku-buku, literature-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang berhubungan dengan masalah yang akan dipecahkan. Kitab suci Al-Quran telah menjelaskan mengenai ilmu-ilmu pengetahuan salah satunya yakni matematika terkait materi deret barisan bilangan. Hasil penelitian ini berupa: (1) Q.s As-shaf ayat 4 berkaitan dengan materi deret barisan, (2) Deret ialah susunan bilangan real yang dibentuk mengikuti aturan tertentu, secara umum barisan terbagi 2 yakni barisan aritematika dan barisan geometri.

Kata Kunci: Al-Qur’an, Barisan Bilangan, Matematika

 

Abstract : This research aims to describe the Number Sequence related to the Al-Qur'an Surah As-Shaf verse 4. This research uses qualitative descriptive research with a library study method. Qualitative descriptive research is research that describes data as it is, explaining data or events with explanatory sentences in a qualitative way. Meanwhile, library research is collecting data by conducting studies reviewing books, literature, notes and reports. related to the problem to be solved. The holy book Al-Quran has explained the sciences, one of which is mathematics related to the material of number series. The results of this research are; (1) Q.s As-shaf verse 4 relates to the material of sequences, (2) Series are arrangements of real numbers which are formed following certain rules, in general sequences are divided into 2, namely arithmetic sequences and geometric sequences.

Keywords: Al-Qur’an, Number Sequences, Mathematics


Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2017). “Mengenal Matematika dalam Persepektif islam”. Jurnal Kajian Keislaman dan kemasyarakatan. 2(2).

Kusmayanti, V, dkk. (2020). “Pola Bilangan, Barisan dan Deret”, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Masjudin. (2016). “Pembelajaran Kooperatif Investigatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret”. JEMS (Jurnal edukasi matematika dan sains). 4(2).

Mulyaningsih, T. (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan”. Jurnal Pendidikan Berkarakter. 1(1).

Rohayati. (2023). “Matematika Bernilai Keislaman dengan Materi Barisan dan Deret aritematika”. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Saputri, V, dkk. (2022). “Materi Pembelajaran Matematika Barisan dan Deret”. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Setyaningsih, S. (2009). “Matematika Dasar 2”. Bogor: Pusat Komputasi.

Sukarani, N, M, dkk. (2022). “Sejarah Aritmatika : Manfaat Pembelajaran Sejarah Matematika". Jurnal Dunia Ilmu. 2(1).

Supriyadi, K. (2021). “Matematika dalam Al-Qur’an”. Jurnal Andrologi. 3(1)

Soimah,W, dkk. (2020). “Konsep Matematika ditinjau dari perspektif Al-Qur’an”. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1720

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 24 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.