PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 2 TROSO JEPARA

Felinna Kharissatun, Aan Widiyono

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of using Camtasia videos on mathematics learning outcomes at SDN 2 Troso Jepara in the 2020/2021 academic year. The method used is quantitative research with a quasi-experimental type one group pretest-posttest design. The sample of this study amounted to 38 students of class V SDN 2 Troso Jepara. The test data for learning outcomes is in the form of multiple choice with a total of 25 questions. Analysis of the data used is kolmogorof-Smirnov and t-test. The use of Camtasia media shows that there is a significant difference in student learning outcomes between the pretest and posttest in mathematics problem solving materials. Judging from the mean value of the pretest of students was 56.74, while the mean value of the posttest was 77.79. The increase in the pretest and posttest scores was 21.05. The results of this analysis can be concluded that the use of camtasia media is very effective because it can improve mathematics learning outcomes.

Keywords: camtasia media, mathematics, learning outcomes

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh dari penggunaan video camtasia terhadap hasil belajar matematika di  SDN 2 Troso Jepara tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen tipe one grup pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas V SDN 2 Troso Jepara. Data tes hasil belajar berbentuk multiple choice sejumlah 25 soal. Analisis data yang digunakan adalah kolmogorof-smirnov dan uji-t. Dengan penggunaan media camtasia menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata tentang hasil belajar siswa antara pretest dan posttest pada materi materi pemecahan masalah matematika. Dilihat dari nilai rerata pretest siswa sebesar 56,74 sedangkan, nilai rerata posttest sebesar 77,79. Kenaikan nilai pretest dan posttest sebesar 21,05. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media camtasia sangat efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata Kunci: media camtasia, matematika, hasil belajar

References


Dariyadi, M. W. (2016). Penggunaan Software “Camtasia Studio” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Ict. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 2, 207–2019.

Gultom, F., & Hernawaty, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Camtasia Studio 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII Smp Swasta Riama Medan. Jurnal Pendidikan Religius, 2(1), 48–58.

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Haqih, M. K., Hakim, Z. R., & Pribadi, R. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis software articulate storyline pada kegiatan pembelajaran tematik. Jurnal pendidikan dasar, 10(1), 33–44.

Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. hal 15.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Khoiriyatussoliha, N., Sutrisno, S., & Wardhani, P. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran siklus air tiga dimensi pada pembelajaran ipa kelas v sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar, 10(1), 17–32.

Mahanani, R. T., Efendi, N., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar ipa kelas vi madrasah ibtidaiah. Jurnal pendidikan dasar, 9(2), 169–181.

Mustova, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran Matematika pada materi sudut di kelas IV MI dengan menggunakan Multimedia Camtasia Studio 8.0. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa Sd/Mi Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Maju, 7(1), 98–102.

Rizqiyyah, N. F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2017/2018. UIN Walisongo.

Septiana, G. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung – Mancak Kab. Serang). UIN SMH Banten Instutional Repository, 2(1), 26–32.

Silfiani, S. (2019). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 17 Bone Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widiyono, A. (2021a). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. Prosiding Seminar Nasional Digitalisasi Pendidikan Di Tingkat Satuan Pendidikan, 3, 12–21. https://prosiding.iahntp.ac.id

Widiyono, A. (2021b). Penerapan ZD SOft Screen Recorder terhadap Hasil Belajar Materi PAP & PAN di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Arah Kebijakan Pendidikan Dan Kajian Riset Di Era New Normal, 3(1), 269–280.

Widiyono, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar IPA SD di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol.5, No.1. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1128




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.523

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.