PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS 4 SDN 2 KEDUNG JEPARA

Authors

  • Ahmad Faidlul Fikri
  • Aan Widiyono
  • Muh Muhaimin

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3818

Abstract

Abstract: The level of literacy culture in Indonesia is still very low. In response to this problem, efforts are needed to increase reading interest. This study aims to identify the effectiveness of digital comic media on the reading interest of grade 4 students of SDN 2 Kedung Jepara. By applying quantitative methods and pre-experimental design One Group Pretest-Posttest, this study involved 27 students as subjects. Data obtained through a questionnaire covering 16 statements that have been tested for validity and reliability. This study shows that before the treatment, students' reading interest was in the fairly strong category with a score of 52%, while after the application of digital comic media, the score increased to 84% and was in the very strong category. The Paired Sample T-test identified a significance level of 0.000, which indicates a significant influence of the use of digital comics in increasing students' reading interest. The findings in question indicate that digital comic media has the potential as a means to increase students' reading interest, so it is expected to be applied in a wider scope in learning activities in the school environment.

Keywords: Digital Comic Media, Reading Interest

 

Abstrak: Tingkat budaya literasi di Indonesia masih sangat rendah. Menanggapi permasalahan ini, perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas media komik digital terhadap minat baca siswa kelas 4 SDN 2 Kedung Jepara. Dengan menerapkan metode kuantitatif dan desain pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest, penelitian ini melibatkan 27 siswa sebagai subjek. Data diperoleh melalui kuesioner mencakup 16 pernyataan yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menunjukan bahwa sebelum perlakuan, minat baca siswa berada pada kategori cukup kuat dengan skor 52%, sedangkan setelah penerapan media komik digital, skor meningkat menjadi 84% dan berada pada kategori sangat kuat. Uji Paired Sample T-test mengidentifikasi tingkat signifikat 0,000, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari pemanfaatan komik digital dalam meningkatkan ketertarikan minat baca siswa. Temuan yang dimaksud menunjukkan media komik digital memiliki potensi sebagai sarana untuk meningkatkan  minat baca siswa, sehingga diharapkan dapat diterapkan dalam cakupan yang lebih luas dalam kegiatan pembelajaran dilingkungan sekolah.

Kata Kunci: Media Komik Digital, Minat Baca

References

Aditya Rizki Willya, Annisa Luthfiyyah, Putriani Chrismes Simbolon, & Arita Marini. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 449–454. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4518

Ama, R. G. T. (2021). Minat baca siswa ditinjau dari persepsi keterlibatan orangtua dalam pendidikan. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219–229. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.122

Azizah, Rosiana. "Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Muatan Bahasa Indonesia Terhadap Minat Baca Siswa." https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.18831

Castillo-Cuesta, L., & Quinonez-Beltran, A. (2022). Using Digital Comics for Enhancing EFL Vocabulary Learning during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5). https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.24

Gunawan, Ce. Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian new edition buku untuk orang yang (merasa) tidak bisa dan tidak suka statistika. Deepublish, 2020.

Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Faristiana, A. R. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 382–398. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1676

Elendiana, Magdalena. "Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2.1 (2020): 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572

Garini, A. W., Respati, R., & Prana, A. M. (2020). Penggunaan Media Berupa Digital Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191

Gunawan, P. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Kronik: Journal of History Education and Historiography, 6(1), 39–44.

Hidayat, Riski, et al. "Pengaruh Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 102 Kendari." Indonesian Research Journal on Education 5.1 (2025): 1043-1048. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.2079

Husna, N., Putra, M, J, A., & Alim, J, A. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Komik Digital Komik Celestial Objek Untuk Memfasilitasi Minat Baca Siswa Kelas Vi Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1618-1630. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8618.

Kandriasari, Annis, and Yeni Yulianti. "Mobile Learning American Service as Digital Literacy in Improving Students' Analytical Skills." Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology 31.2 (2023): 184-196. https://doi.org/10.37934/araset.31.2.184196

Maja, M. M., & Motseke, M. (2022). The Role of Classroom Libraries in Promoting Reading: A Case of Rural Primary Schools in the Limpopo Province. The International Journal of Literacies, 29(2), 1. DOI: 10.18848/2327-0136/CGP/v29i02/1-12

Pangriptaningrum, Anggraita, Mursidah Rahmah, and Riksa Suci Imaniah. "Analisis Peran Komik Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar Tingkat Awal." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9.2 (2024): 259-267. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13209

Payanti, D. (2022). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(April).

Ulwiyah, Nihlatusshofi, et al. "Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Minat Baca Siswa di SD 1 Menawan." Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa 2.4 (2024): 173-178. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.99

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Sianturi, Rektor. "Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis." Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama 8.1 (2022):386-397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Willya, Aditya Rizki, et al. "Peran media pembelajaran komik digital untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 2.3 (2023): 449-454. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4518

Zakiyah, Zenzen, et al. "Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis." Jurnal Basicedu 6.5 (2022): 8431-8440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3869

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Fikri, A. F., Widiyono, A., & Muhaimin, M. (2025). PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS 4 SDN 2 KEDUNG JEPARA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(1), 22–33. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3818

Issue

Section

Artikel

Citation Check