PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG CERITA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Epi Epi, Mastiah Mastiah, Aprima Tirsa

Abstract


Abstract: Problem in this research was the low ability of student to understand story. Therefore the aim of this research was to increase grade V student ability in understanding story. This was a class action research that through two cycles. Action that done by researcher to increase student grasp about story on student grade V in SDN 18 Tanjung Sari was the implementation role play method. In this method student is directly involve on scene of one story with intent to make students understand the story easily. Acquired research result was before the implementation of role play method, the student learning outcome was only reached the average value 59,21%. In another hand, after the implementation of the method, the student test result increased from 4.21% with the average value 63.42% in cycle one to 15,79% with average values 79,21% in cycle two. It concluded that students learning outcome increased on after the learning process in the class arranged by utilizing role play method.

Key Word: understanding, story, role play method

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang cerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami cerita pada siswa kelas V di SDN 18 Tanjung Sari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui dua siklus. Tindakan yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang cerita pada siswa kelas V di SDN 18 Tanjung Sari ini ialah melalui penggunaan metode bermain peran. Dalam metode ini siswa dilibatkan langsung pada peristiwa dari sebuah cerita dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami cerita. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebelum dilakukan tindakan menggunakan metode bermain peran hasil tes pra siklus yang dicapai siswa masih sangat rendah dengan nilai rata-rata 59,21%. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode bermain peran pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,21% dengan nilai rata-rata siklus I 63,42%, dan pada hasil tes siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,79% dengan nilai rata-rata 79,21%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan menggunakan metode bermain peran.

Kata Kunci: pemahaman, cerita, metode bermain peran




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v3i1.43

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.