INTEGRASI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3121Abstract
Pendekatan etnopedagogi menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis proyek di sekolah dasar. Pengintegrasian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sisi peningkatan kualitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) yang masih dinilai belum maksimal. Harapannya, pengintegrasian ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi pustaka. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu memaksimalkan perilaku pendidik dan perilaku, meningkatkan hasil belajar peserta didik, memberikan pesrfektif berbeda dan inovatif dalam suasana pembelajaran, keberagaman sumber belajar dan media yang digunakan, serta memperbaiki sistem pembelajaran seringkali terabaikan. Sehingga penelitian ini menjadi opsi penting dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran IPAS berbasis proyek di sekolah dasar, secara lebih kontekstual, kolaboratif, dan bermakna.
References
Almulla, M. A. (2020). The effectiveness of the project-based learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. Sage Open, 10(3), 2158244020938702.
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran: Jakarta.
A'rop, Y., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Project-Based Learning dengan Kearifan Lokal di SMPIT BBS Bogor. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 702-713.
Creswell, J. W. (2011). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education International.
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 205-218.
Damayanti, E., Nur, F., Anggereni, S., & Taufiq, A. U. (2023). The Effect of Cooperative Learning on Learning Motivation: A Meta-Analysis. Buletin Psikologi, 31(1).
Depdiknas. 2004. Keterampilan Dasar untuk Hidup. Literasi Membaca, Matematika, & Sains. Laporan Program for International Student’s Assessment. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Elsinta, T. (2024). Analisis Peranan Budaya Lokal Dalam Pembentukan Technological Pedagogical And Content Knowledge Guru Biologi Kelas X sma negeri di bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Hamda, A. Z., & Fernandes, R. (2024). Implementasi Project Penguatan Profil Pancasila Tema “Kearifan Lokal: Suduik Bakaba Minangkabau†Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 229-239.
Istiqomah, F., Faiz, M., & Rosmilawati, I. (2024). Memaknai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Gotong Royong untuk Membentuk Budaya Positif Siswa SD Negeri Kebaharan 1 Kota Serang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 457-465.
Istiningsih, G. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Etnopedagogi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 4753-4760.
Jayendra, P. S. (2024). Etnopedagogi dalam Reorientasi Paradigma Penyelenggaraan Pendidikan Pasraman. Tantangan dan Solusi Pengembangan Pasraman di Indonesia, 69.
KEMENDIKBUDRITEK., BSKAP., (2022) Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Kemendikbud: Jakarta
Khairani, S., Wildan, D., & Komariah, S. (2024). Ritual Damar Sewu Dalam Upacara Seren Taun Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sosiologi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 348-360.
Kusuma, L. A. S., Tahir, M., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 534-542.
Majid, A. S., & Ramadan, Z. H. (2021). Etnopedagogi Pada Mata Pelajaran Budaya Melayu Riau (BMR) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1223-1230.
Marzali, Amri. (2016). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia. Vol. 1, No.2 Hal. 27-36.
Murdoch, K. (2020). Cycle of inquiry. https://www.kathmurdoch.com.au/ new-page-2-1
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Nabila, A., & Rofi'ah, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Etnopedagogi pada Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA', 5(2), 176-185.
Naden, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogik dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 38-47.
Pana, A., Asrin, A., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Etnopedagogik Berbasis Kearifan Lokal Sasak Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1709-1724.
Rafi'i, A., Rakhman, M. F., & Hidayati, D. G. A. (2024). Strategi Komunikasi Pembangunan Budaya Banjar “Bakisah†Dalam Perspektif Media Dan Teater. Jurnal Gesi, 3(1), 11-17.
Rohmah, A., Rahmasari, E., Susanti, Y. D. S., Basyari, I. W., & Sugiarti, I. Y. (2024). Local Wisdom of Cirebon Ethnic Megamendung Batik Motifs in the Context of Ethnopedagogy. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 4(2).
Rojak, M. T. (2024). Situs Candi Solok Sipin Sebagai Sumber Belajar Sejarah Berbasis Etnopedagogi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 3(2), 102-108.
Rozy, M. I. A., Rusyana, Y., & Ristiani, I. (2022). Etnopedagogi dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Raden Aria Cikondang. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 42-50.
Rusmini, R., Suyono, S., & Agustini, R. (2021). Analysis of science process skills of chemical education students through self project based learning (PjBL) in the pandemic COVID 19 era. Jotse, 11(2), 371-387.
Safitri, E. R., Raharjo, M., & Harlin, H. (2023). Validitas Video Interaktif dengan Pendekatan Etnopedagogik Berbasis Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 330-338.
Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy approach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10).
Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik, 5 (2), 25–38
Sukmayadi, Q. M. A., Wildan, D., & Komariah, S. (2024). Etnopedagogi Cikahuripan Sebagai Nilai Pelestarian Air Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 17(1), 69-81.
Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan IPS Bagi Generasi Millenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 45-52.
Syahrin, A. A., & Mustika, B. (2020). Etnopedagogi Berlandaskan Nilai-Nilai Rumah Betang dalam Pembelajaran Sosiologi. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 199-216.
Tanduk, R., & Dewi, R. (2024). Kemampuan Peserta Didik Memahami Puisi Rakyat Melalui Pendekatan Etnopedagogik. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 124-129.
Wardani, R. P., Fitriyah, C. Z., & Rofiq, A. (2024). ETNOPEDAGOGIK SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN DASAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 18(1), 183-190.
Wijayanti, I. D., Ekantini, A., & Wibowo, F. I. S. (2023). Analysis of user satisfaction graduate in education for Islamic elementary school teachers program UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 12(2), 219-232.
Wulandari, E. P., & Rosmiati, R. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Etnopedagogi Terhadap Pemahaman Sejarah Materi Kearifan Lokal Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8688-8696.
Yasa, I. M. A., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2024). Kendang Beleq: Navigasi Etnopedagogis Untuk Memahami Kultural Dalam Pendidikan. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(1), 13-32.