UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V A DI SDN 06 NANGA PINOH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Authors

  • Astria Yonarita
  • Clarry Sada
  • Elly Yana

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.17

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mencari solusi sebagai upaya meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar bahasa Inggris pada siswa kelas V A di SDN 06 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2010/2011. Peneliti menggunakan  flashcard sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi terhadap 32 orang siswa kelas V A SDN 06 Nanga Pinoh. Berdasarkan penelitian tindakan yang telah peneliti laksanakan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar bahasa Inggris di tiap siklus.

 

Kata Kunci:  Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Flashcard, Penelitian Tindakan Kelas.

Published

2014-06-19

How to Cite

Yonarita, A., Sada, C., & Yana, E. (2014). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V A DI SDN 06 NANGA PINOH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.17

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)