PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 KOTABARU KECAMATAN TANAH PINOH KABUPATEN MELAWI

Authors

  • Nurhelmi Nurhelmi
  • Rachmat Sahputra
  • Elly Yana

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran IPA dengan media kit. Hasil pelaksanaan tindakan pada siswa kelas V SDN 7 Kotabaru Kecamatan Tanah Pinoh dilihat dari aktivitas siswa melakukan percobaan dalam proses pembelajaran pada siklus I rata-rata 61,25% dan siklus II rata-rata persentase 81,25%  atau (70%). Hasil belajar siswa pada siklus I rata- rata yang diperoleh siswa  adalah 64 dari 10 orang siswa, yang mendapat nilai di atas 60 sebanyak 9 orang atau 90%. Pada siklus II meningkat menjadi 84, dan 100 % siswa mendapat nilai di atas 60. Kemudian dari skor kemampuan yang diperoleh oleh guru dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 60,3% meningkat menjadi 81,9% pada siklus II.

 

Kata Kunci:   Proses Pembelajaran, Media Kit, Hasil Belajar IPA. 

Published

2014-06-19

How to Cite

Nurhelmi, N., Sahputra, R., & Yana, E. (2014). PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 KOTABARU KECAMATAN TANAH PINOH KABUPATEN MELAWI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.12

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>