PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rianti Dewi Rahayu
  • Andi Usman
  • Sri Wahyuni Kristiani

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.15

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 6 Emang Bemban yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS. Data penelitian berupa minat belajar siswa diperoleh  dari observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang diukur dengan menggunakan lembar observasi minat belajar siswa disetiap siklus. Adapun pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 6 Emang Bemban yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 6 Emang Bemban. Hal ini ditandai dengan persentase ketuntasan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 61.54%, meningkat di siklus II menjadi sebesar 80.77%. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa ada peningkatan persentase ketuntasan sebesar 19.23%.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).

Published

2014-06-19

How to Cite

Rahayu, R. D., Usman, A., & Kristiani, S. W. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.15

Issue

Section

Artikel

Citation Check