PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Masbudi Hartoyo
  • Rachmat Sahputra
  • Rosalyna Yoesi Etiovia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v5i1.127

Abstract

Abstrak: The purpose of this research was to: 1) Describe the student
learning outcomes of Mathematics subject, especially after the
implementation of cooperative learning Model type Jigsaw on scientific
approaches; 2) Describe the student learning outcomes of Mathematics
subject, after the implementation of everyday learning model; 3) Observe the
difference in learning outcomes of matematics subject with cooperative
learning method type Jigsaw on the implementation the scientific approach of
everyday learning. This research was using the pre experimental design with
One Group Pre-Test Post-Test Design. In this study the design of the
experimental and control group were not chosen randomly.The population and
sample this research in this study were all five grade students SDS Sungai
Kehidupan Manggala . The instrument used in this was a objectif test that is
multiplechoice type. The validity and reliability were tested by using the
validity Product Moment and the equation of coefficient Alpha. Furthermore,
the assumption and normality test were using Liliefors test, and linearity test.
In the final stage the data analysis test was using the T-test (hypothesis test) in
order to find out the comparison the learning outcome before and after being
give the treatment. The value of the average grade given outcomes after
treatment with jigsaw cooperative learning model based scientific approaches
of 85.65. Based on data analysis, especially hipotesi test (t-test) at significance
level of 5% dk = n - 2 = 16-2 = 14 price obtained ttabel 2,145 and thitung
price using the formula of 9.330. Based on these it mean thitung = 9,330 >
ttabel = 2,145. Thereby takeable results it can be concluded that Ha accepted
that cooperative learning model jigsaw influential scientific approach based
on learning outcomes math class V SDS Sungai Kehidupan Manggala that is
evidenced by the difference in the average value of classroom learning
outcomes after treatment
Keywords: Implementation of Jigsaw type, the Scientific Approach, learning
outcomes of Mathematics Subject.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran Matematika setelah di terapkan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik; 2)
Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika setelah
di terapkan model pembelajaran yang rutin dilakukan; 3) Mengamati
pengaruh hasil belajar matematika yang diterapkan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik dan
penerapan model pembelajaran yang sudah rutin dilakukan. Jenis Penelitian
ini adalah pre ekperimen design yaitu menggunakan bentuk One Group PreTest Post-Test Design penelitian. Dalam desain penelitian ini tidak terdapat
kelompok kontrol tetapi hanya kelompok eksperimen. Populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDS Sungai Kehidupan.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yaitu
pilihan ganda. Untuk menguji kevalidan dan reliabel suatu soal menggunakan
Validitas Korelasi Product Moment dan Persamaan Koofisien Alpha.
Selanjutnya, untuk melakukan uji asumsi dengan uji normalitas menggunakan
uji Liliefors dan uji Linieritas. Dan pada tahap akhir uji analisis data, akan di
lakukan uji t (Hipotesis) untuk mengetahui perbandingan antara bagaimana
hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun hasil
belajar setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik sebesar 85,65. Berdasarkan analisis
data khususnya uji hipotesi (uji-t) pada taraf signifikansi 5% dk = n – 2 = 16
– 2 = 14 didapat harga ttabel sebesar 2,145 dan harga thitung dengan
mengunakan rumus sebesar 9,330. Berdasarkan hasil tersebut berarti thitung =
9,330 > ttabel = 2,145. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis
pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V
SDS Sungai Kehidupan yang dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil
belajar sesudah perlakuan.
Kata kunci: Penerapan Tipe Jigsaw, Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar
Matematika Siswa.


References

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian

(Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta:

Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan

Kontekstual dalam Pembelajaran

Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi

Kurikulum 2013). Bogor: Ghalia

Indonesia.

Reksoatmodjo, T. N. 2009. Statitiska Untuk

Psikologi dan Pendidikan. Bandung:

Reflika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Susetyo, B. 2012. Statistika Untuk Analisis

Data Penelitian. Bandung: Refika

Aditama.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran

Terpadu (Konsep, Strategi, dan

Implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP).

Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian

Sosial dan Pendidikan TeoriAplikasi. Jakarta: Bumi Akasara.

Published

2017-06-01

How to Cite

Hartoyo, M., Sahputra, R., & Etiovia, R. Y. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 5(1), 33–49. https://doi.org/10.46368/jpd.v5i1.127

Issue

Section

Artikel

Citation Check