WORKSHOP PENYUSUNAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN DI SATUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Eko Fery Haryadi Saputro Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia
  • Nurul Apsari
  • Novika Lestari

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.499

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kesulitan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena belum adanya workshop atau pelatihan terkait penentuan dan penyusunan KKM pada tiap mata pelajaran. KKM yang digunakan sekolah mengikuti arahan dari Dinas Pendidikan. KKM yang digunakan pada tiap mata pelajaran terdapat ketidaksesuaian dengan kondisi nyata pada proses pembelajaran. Solusi yang ditawarkan pada Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah pelaksanaan workshop yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan dan KKM serta melakukan pendampingan kepada guru SMA Negeri 1 Pinoh Utara untuk menyusun KKM pada setiap mata pelajaran yang diampu sehingga menghasilkan dokumen KKM pada tiap mata pelajaran. Berdasarkan hasil pretest dan postest pengetahuan peserta terhadap materi workshop diperoleh rata-rata nilai sebesar 40 untuk pretest dan terjadi peningkatan menjadi 94,67 pada postest. Pada angket evaluasi pelaksanaan PKM diperoleh 85,8% respon positif peserta terhadap pelaksanaan PKM. Rentang keterampilan setiap peserta dalam menyusun KKM mata pelajaran adalah 72,5-90% dengan rata-rata 82,3.

References

Depdiknas.(2008). Kriteria Ketuntasan Minimal Jakarta: Depdiknas.

Halian, Aan Baidillah. (2011). KKM: Antara Standarisasi dan Gengsi. http://udugudug. wordpress.com /2011/ 04/10/kkm-antara-standarisasi-dan-gengsi

Hattie, J.A., & Brown, G. T. L. (2003). Standard setting for asTTle reading: A comparison of methods. asTTle Technical Report #21, University of Auckland/Ministry of Education

Jaya, Nur. (2013). “KKM, Pengertian, Fungsi dan Tahapan

Penetapan†dalam https://sangaktor.blogspot.co.id/2013/08/kkm-pengertian-fungsidan-tahapan_11.html

Sudanta, Wayan . (2015). Efektivitas Kegiatan Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Studi Kasus pada Gugus Pejenng, Kec. Tampaksiring, Kab Gianyar 2013-2014. DHARMASMRTI, Vol. XIII Nomor 26 Oktober 2015 : 1 - 135

Widodo. (2009). Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal Dengan Bilangan Baku. Jurnal Pendidikan Penabur : Edisi No. 13/Tahun ke-8/Desember 2009

Zhenhal.(2015).“Makalah Kriteria Ketuntasan Minimal

(KKM)†dalam http://zhenhal.blogspot.co.id/2015/12/makalahkriteria-ketuntasan-minimal-kkm.html

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Saputro, E. F. H., Apsari, N., & Lestari, N. (2022). WORKSHOP PENYUSUNAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN DI SATUAN PENDIDIKAN. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.499

Issue

Section

Articles

Citation Check