WORKSHOP PENYUSUNAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN DI SATUAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.499Abstract
Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kesulitan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena belum adanya workshop atau pelatihan terkait penentuan dan penyusunan KKM pada tiap mata pelajaran. KKM yang digunakan sekolah mengikuti arahan dari Dinas Pendidikan. KKM yang digunakan pada tiap mata pelajaran terdapat ketidaksesuaian dengan kondisi nyata pada proses pembelajaran. Solusi yang ditawarkan pada Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah pelaksanaan workshop yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan dan KKM serta melakukan pendampingan kepada guru SMA Negeri 1 Pinoh Utara untuk menyusun KKM pada setiap mata pelajaran yang diampu sehingga menghasilkan dokumen KKM pada tiap mata pelajaran. Berdasarkan hasil pretest dan postest pengetahuan peserta terhadap materi workshop diperoleh rata-rata nilai sebesar 40 untuk pretest dan terjadi peningkatan menjadi 94,67 pada postest. Pada angket evaluasi pelaksanaan PKM diperoleh 85,8% respon positif peserta terhadap pelaksanaan PKM. Rentang keterampilan setiap peserta dalam menyusun KKM mata pelajaran adalah 72,5-90% dengan rata-rata 82,3.
References
Depdiknas.(2008). Kriteria Ketuntasan Minimal Jakarta: Depdiknas.
Halian, Aan Baidillah. (2011). KKM: Antara Standarisasi dan Gengsi. http://udugudug. wordpress.com /2011/ 04/10/kkm-antara-standarisasi-dan-gengsi
Hattie, J.A., & Brown, G. T. L. (2003). Standard setting for asTTle reading: A comparison of methods. asTTle Technical Report #21, University of Auckland/Ministry of Education
Jaya, Nur. (2013). “KKM, Pengertian, Fungsi dan Tahapan
Penetapan†dalam https://sangaktor.blogspot.co.id/2013/08/kkm-pengertian-fungsidan-tahapan_11.html
Sudanta, Wayan . (2015). Efektivitas Kegiatan Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Studi Kasus pada Gugus Pejenng, Kec. Tampaksiring, Kab Gianyar 2013-2014. DHARMASMRTI, Vol. XIII Nomor 26 Oktober 2015 : 1 - 135
Widodo. (2009). Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal Dengan Bilangan Baku. Jurnal Pendidikan Penabur : Edisi No. 13/Tahun ke-8/Desember 2009
Zhenhal.(2015).“Makalah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM)†dalam http://zhenhal.blogspot.co.id/2015/12/makalahkriteria-ketuntasan-minimal-kkm.html