PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK BERBASIS HALAQAH DI SDSIT KARAKTER ANAK SHALIH PADANG
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i2.3982Abstract
Abstrak: Pendampingan membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting untuk peserta didik. Membaca, menghafal dan melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an salah satu bagian dalam memelihara firman to understand Allah SWT. Halaqah adalah proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh peserta didik dengan melingkari guru yang membimbingnya. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan ilmu bagi peserta didik mengenai pembelajaran Al- Qur’an berbasis halaqah. Metode pendampingan adalah PAR. Langkah-langkah PAR adalah sebagai berikut: Tahap to Know (Mengetahui Kondisi Riel Komunitas) Hal-hal yang dilakukan dalam tahap ini adalah proses inkulturasi yaitu membaur dengan masyarakat untuk membangun kepercayaan.Tahap to Understand (Memahami Problem Komunitas) tahap pada ke dua ini bertujuan untuk memahami persoalan utama komunitas. Tahap to Plann (Merencanakan Pemecahan Masalah Komunitas) tahap to plann adalah tahap yang dilakukan untuk merencanakan aksi pemecahan masalah. Tahap to Act (Melakukan Program Aksi Pemecahan Masalah) Tahap ini merupakan tahap implementasi program dari yang direncanakan pada tahap sebelumnya. Tahap to Change (Membangun kesadaran untuk perubahan dan keberlanjutan), pada tahap ini, hal yang semestinya dilakukan adalah melakukan refleksi atas hasil proses selama proses riset dan pemberdayaan.Subjek dalam pendampingan ini adalah peserta didik SDSIT Karakter Anak Shalih Padang. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan halaqah yang dilaksanakan di SDSIT Karakter Anak Shalih Padang dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik, sehingga materi tersampaikan, selain itu pembelajaran juga dilaksanakan dengan berkelompok sesuai kemampuan peserta didik. Meskipun ada kendala yang mempengaruhi pembelajaran peserta didik, salah satunya dari peserta didik dan lingkungan. Karena pembelajaran dilaksanakan pagi hari, maka ada sebagian peserta didik terlambat. Namun Para peserta didik tetap semangat dan sangat berharap pembelajaran ini menjadi program khusus dantetap diksanakan.
Kata Kunci : Pembelajaran, Al-Qur’an, Halaqah.
References
Abdul Aziz, A. (2013). Hafal Al-Qur’an Dalam Hitungan Hari. (Bogor : Cv Hilal Media Group). pp. 18. Abdur Rauf, Abdul Aziz. (2011). Pedoman Dauroh Al-Qur’an. (Jakarta: markaz Al-Qur’an). pp. 17-33.
Al Majmu’, Imam Nawawi (1996). Sabilul Iddikar (matan kitab An-Nashaih ad-Diniyyah). (Beirut, Dar Al Fikri). Cet. Pertama, Juz : I Al-hafidz,
Ahsin. W. (1994). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. (Jakarta: Bumi Aksara). pp. 64.
Al-Madani, Abu Umar, B . (2015). 40 Hadits Pilihan (Matan Hadits Arba'in). (Solo: AtTibyan). pp. 1.
Amir, M. A. (2019). Ilmu Tajwid Praktis. (Batam: Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid).
pp. 1.
Anwar, K. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam , Vol. 02, No. 02, pp. 181-198. DOI: doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 3, No. 1, PP. 44-50. DOI: doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1342
Az-Zurnuji Ash- syeikh. (2009). Ta’limu muta’alim. (Surabaya: Mutiara ilmu). pp. 100
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka).
Erisa, S. (2021). Setrategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Peserta Didik Di SMP Negri 5 Lembah Melintang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Dan Keislaman. Vol. 6, No. 2, pp. 272-283 DOI: dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.272-283
Ezani, B. J., & Zulkarnain, R. (2021). Menejemen Waktu Lansia Pembelajaran Menghafal Al- Qur’an Di Rumah Qour’an At-Tartil. Journal Of Lifelong Learning, Vol. 4, No. 1, pp. 29-
DOI: doi.Org/10.33369/Joll.4.1.29-36
Farhah, S. A. (2016). Pengaruh Metode Tasmi’ Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Al-Qur’an Pada Anak Cerebral Palsy Di Slb-D Ypac Bandung. Jurnal Unik. Vol. 1, No. 1, pp. 62-71. DOI: doi.org/10.30870/unik.v1i1.3500
Farida, N. (2014). metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. (Solo: cakra books). pp. 15.
Fatimah, M. (2020). Metode Tahfizh Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Klaten. Jurnal Mamba'ul'ulum, Vol. 16, No. 2, pp.1-16. DOI:
Latif, U. (2014). Al-Qur’an Sebagai Sumber Rahmat Dan Obat Penawar (Syifa’) Bagi Manusia. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, Vol. 20, No.
Pp. 77-88. DOI. doi.org/10.22373/albayan.v20i30.125
Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Setpran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. Jurnal Kajian Pelatihan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran.Vol. 3, No. 2, pp. 347-358. DOI: doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397
Massul, R. (2014). Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an. (Yogyakarta: Lafal Indonesia). pp. 49.
Muhsin A. (2014). Orang Sibukpun Bisa Menghafal Al-Quran, Rahasia Kisah Orang-Orang Sibuk Menjadi Penghafal Al-Qur’an. (Solo: PQS Publishing).
Mustaqim, M. R., Maghfiroh, dan Nurhaedha, H. (2020). Management of halaqah Tahfidz
Al-Qur’an In Darut Taqwa Ponorogo Islamic Boarding School. Jurnal tarbiyatuna. Vol. 11, No. 2, pp. 128-142. DOI: doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i2.3040.
Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ Dan Tikrar Dalam Meningkatkan Kualitas
Hafalan Al-Qur’an Santri. Studi Ilmu Keagamaan Islam. Vol. 2, No. 4, pp. 161182. DOI: doi.org/10.2906/salimiya.v2i4.557.
Sholeh, A. (2019). Metode Halaqah Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Darussunnah Parung Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal STAIA Alhidayah Bogor. Vol. 1, No. 02,
pp. 43-52. DOI: doi/10.30868/ppai.v1i2.408.
Sholichah, A. S. (2018).Teori-Teori Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07, No. 1, pp.
-46 24. DOI: 10.30868/EI.V7 I01 23-46.
Sugiono. (2013). metode penelitian pendidikan. (Bandung : Alfabeta). pp. 11.
Susiati, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2, No. 1, pp. 1-9. DOI: doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305.
Sutarman, H. E. (2017). Kehidupan Manusia Dengan Membudayakan Pendidikan Dan Sistem Nilai Nilai islami. Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, Vol. 13, No. 2, pp 1-12. DOI: dx.doi.org/10.31000/rf.v13i2.686.
Tentiasih, S. & Ahmadi, A. (2021). Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Dan Mufradat Dasar Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Tallaqi. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 2, pp. 1-15 DOI: Doi.Org/10.52266/pelangi.v3i2.672.
Yunus, M. (2013). Kamus Arab-Indonesia. (Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzuriyyah). pp. 105.