Company Profile Berbasis Website Sebagai Media Promosi Or1 Salon Pangkalan Bun
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong bisnis untuk memanfaatkan platform online guna meningkatkan promosi dan pelayanan. Or1 Salon, sebagai salah satu salon di Pangkalan Bun, membutuhkan media promosi yang efektif dan profesional untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan company profile berbasis website sebagai solusi promosi yang interaktif, informatif, dan mudah diakses. Metode pengembangan sistem menggunakan pendekatan Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Website dibangun dengan teknologi HTML, CSS, JavaScript, dan CMS (WordPress) untuk memudahkan pembaruan konten. Fitur utama mencakup profil salon, layanan, portofolio hasil kerja, testimoni pelanggan, kontak, serta integrasi media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website company profile ini mampu meningkatkan visibilitas bisnis, memberikan informasi lengkap kepada calon pelanggan, dan memperkuat citra profesional Or1 Salon. Pengujian usability dengan responden juga mengindikasikan kepuasan pengguna terhadap desain dan fungsionalitas website.
References
A. Nitami, A. A. Munthe, and Masrizal, “Sistem Informasi Reservasi Hotel Rantauprapat Berbasis Web Dengan FrameworkCodeigniter,” J. Student Dev. Inf. Syst., vol. 1, no. 3, pp. 7–17, 2021.
P. W. Setyaningsih, S. Rokhmah, and B. Arisandi, “Sistem Perpustakaan SD Ma’Arif Grabag 2 Magelang Berbasis Website,” J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 44–55, 2023.
P. Hidayat and I. A. Handayanto, “Analisis Perancangan dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Pada PT. SUCOFINDO Semarang Sebagai Media Promosi dan Informasi,” Sci. Eng. Natl. Semin. 4 (SENS 4), vol. 4, no. Sens 4, pp. 193–200, 2019.
L. Firgia and A. C. Nurcahyo, “Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Sebagai MEdia Promosi Dan Informasi Pada Sekolah Tinggi Teologia Ekklesia Pontianak,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 35–40, 2021, doi: 10.46229/jifotech.v1i2.198.
K. Sari and U. Khabibah, “Media Promosi Dengan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Melalui Aplikasi Cms Wordpress Pada Pusat Oleh-Oleh Saas,” pp. 189–192, 2021.
Oktaviani, E. Kurniasari, Rosdiana, W. Aryunani, and Y. Setiani, “Pembuatan Company Profile Berbasis Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Hari Hari Pasar Swalayan,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 8, pp. 10851–10861, 2022.
A. A. Nababan, M. Jannah, and S. L. Lubis, “Perancangan Company Profile Digital Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada Toko Buku/UD Percetakan Pustaka Timur,” TRIDARMA Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 96–103, 2020, [Online]. Available: http://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/629
A. K. Roziqin, W. Arianto, and S. Saprudin, “Perancangan Company Profile Berbasis Web sebagai Sarana Pemasaran pada PT Japung Kreasindo Bersama,” J. Res. Publ. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 384–394, 2023.
T. D. Astuti, A. M. A. Pabulo, and P. W. Setyaningsih, “Pembuatan Company Profile untuk Gula Kelapa Kulon Progo Berbasis Website,” Dedik. J. Pengabdi. Pendidik. dan Teknol. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 37–41, 2023, doi: 10.31004/dedikasi.v1i1.14.
Y. Komalasari, M. Muharrom, K. Novel, and A. Sumbaryadi, “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif PEMANFAATAN TABEL DAN TABULASI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif,” vol. 2, no. 3, pp. 155–158, 2024.