PERAN LITERASI DIGITAL KELUARGA DALAM MEMBENTUK MORALITAS GENERASI ALPHA DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i2.3611Abstract
Perkembangan teknologi digital membawa dampak besar bagi generasi Alpha, terutama dalam membentuk moralitas mereka di media sosial. Keluarga memiliki peran utama dalam menanamkan literasi digital guna membimbing anak dalam memilah informasi, memahami etika digital, serta menggunakan media sosial secara bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi digital keluarga dalam membentuk moralitas generasi Alpha. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan wawancara kepada orangtuan, pendidik, dan anak generasi alpha di Kota Makassar. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital dalam keluarga melalui tiga tahapan yaitu pengenalan, pembiasaan, serta pemantauan dan evaluasi yang membantu anak dalam memahami batasan penggunaan media sosial dan dampaknya terhadap moralitas mereka. Namun, masih terdapat tantangan dalam pengimplementasiannya. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara keluarga, pendidik, dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan mendukung perkembangan moral anak.
References
Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1
Anggraine, S. D., Pulungan, N. O., Dewi, S. E., & Wardani, H. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Melalui Program Mahasiswa Pengabdi Kampus Mengajar Ddi Sd Swasta Al Ittihadiyah Kandangan Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Batasa : Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i1.1537
Annur, C. M. (2021). BPS: 88,99% Anak 5 Tahun ke Atas Mengakses Internet untuk Media Sosial. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/911fee2b83d9741/bps-8899-anak-5-tahun-ke-atas-mengakses-internet-untuk-media-sosial
Apriliyanti, R. (2023). Komunikasi Orang Tua-Anak Di Pedesaan: Tantangan Pengawasan Dan Keterampilan Menggunakan Smartphone. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.31602/jm.v6i1.11150
Arafah, B., & Hasyim, M. (2022). Social Media as a Gateway to Information: Digital Literacy on Current Issues in Social Media. Webology, 19(1), 2491–2503. https://doi.org/10.14704/web/v19i1/web19167
Arifah, M. N., Munir, M. A., & Nudin, B. (2021). Educational Design for Alpha Generation in the Industrial Age 4.0. Proceedings of the 2nd Southeast Asian Academic Forum on Sustainable Development (SEA-AFSID 2018), 168, 137–145. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210305.026
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. Experiment by Nature and Design. Harvard University Press.
Cao, S., & Li, H. (2023). A Scoping Review of Digital Well-Being in Early Childhood: Definitions, Measurements, Contributors, and Interventions. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(4), 1–20. https://doi.org/10.3390/ijerph20043510
Chassiakos, Y. R., Radesky, J., Christakis, D., Moreno, M. A., Cross, C., Hill, D., Ameenuddin, N., Hutchinson, J., Boyd, R., Mendelson, R., Smith, J., & Swanson, W. S. (2016). Children and adolescents and digital media. Pediatrics, 138(5), 1–18. https://doi.org/10.1542/peds.2016-2593
Danet, M. (2020). Parental Concerns about their School-aged Children’s Use of Digital Devices. Journal of Child and Family Studies, 29(10), 2890–2904. https://doi.org/10.1007/s10826-020-01760-y
Duke, É., & Montag, C. (2017). Smartphone addiction, daily interruptions and self-reported productivity. Addictive Behaviors Reports, 6, 90–95. https://doi.org/10.1016/j.abrep.2017.07.002
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138. https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267
Fauziah, M., Mualim, R. C., Batrisyia, Z. M., Hidayatusholihah, A., & Agnata, R. (2024). The Influence of Technology Use in Improving Language Skills in Children Aged 7-12 Years: a Literature Review. International Journal Of Education And Social Research (IJESR), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.62017/ijesr.v2i1.38
Ge, L. (2023). The Influence of Social Media on the Moral System among the Chinese Z Generation. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 8, 749–754. https://doi.org/10.54097/ehss.v8i.4345
Guo, S., Xu, J., Wang, M., Akezhuoli, H., Zhou, X., & Lu, J. (2024). The effects of parent-child separation on the digital literacy of children and adolescents: A bidirectional perspective study. Heliyon, 10, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31113
Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091
Junaedi, N., Asbari, M., & Jodyapati, S. (2024). Era Digitalisasi: Membawa Kesenjangan, Ide Sulit Berkembang? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 69–73. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.863
Kohlberg, L., & Hersh, R. H. (1977). Moral Development: A Review of the Theory. Theory Into Practice, 16(2), 53–59. https://doi.org/10.1080/00405847709542675
Kumala, A. P. B., & Sukmawati, A. (2020). Dampak Cyberbullying Pada Remaja. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55–65. https://doi.org/10.24252/asjn.v1i1.17648
Kuputri, N. M. (2020). Digital Divide: A Critical Approach to Digital Literacy in ‘Making Indonesia 4.0.’ Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), 478, 1–6. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.001
Maulana Ahmad, S., Sri Nurhayati, & Prita Kartika. (2024). Literasi Digital Pada Anak Usia Dini: Urgensi Peran Orang Tua dalam Menyikapi Interaksi Anak dengan Teknologi Digital. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 47–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11611
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 4. CA: Sage Publications.
Mustika Wanda, E. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035–1042. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078
Neumann, D., & Rhodes, N. (2024). Morality in social media: A scoping review. New Media and Society, 26(2), 1096–1126. https://doi.org/10.1177/14614448231166056
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial†Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Pahlevi, R. (2022). Ratusan Anak Jadi Korban Bullying di Media Sosial sejak 2016. Databoks.
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11-24.250
Radesky, J. S., Peacock-Chambers, E., Zuckerman, B., & Silverstein, M. (2016). Use of mobile technology to calm upset children: Associations with social-emotional development. JAMA Pediatrics, 170(4), 397–399. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2015.4260
Shin, H., & Gweon, G. (2020). Supporting preschoolers’ transitions from screen time to screen-free time using augmented reality and encouraging offline leisure activity. Computers in Human Behavior, 105, 1–46. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106212
Stevanus, I., & Anindyta, P. (2022). Peran Digital Parenting Terhadap Penggunaan Gawai Anak SD. Publikasi Pendidikan, 12(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.25494
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi alpha : Saatnya anak usia dini melek digital refleksi proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 1–9. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555
Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4644–4653. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7373
Wahyuningrum, E., Suryanto, & Retno Suminar, D. (2020). Parenting in Digital Era: a Systematic Literature Review. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 9(3), 226–258. https://doi.org/10.12928/jehcp.v9i3.16984
Warren, R., & Aloia, L. (2019). Parenting Style, Parental Stress, and Mediation of Children’s Media Use. Western Journal of Communication, 83(4), 483–500. https://doi.org/10.1080/10570314.2019.1582087
Wulandari, H., Asiah, D. H. S., & Santoso, M. B. (2021). Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gawai. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 118–127. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.32690
Ziatdinov, R., & Cilliers, J. (2021). Generation Alpha: Understanding the Next Cohort of University Students. European Journal of Contemporary Education, 10(3), 783–789. https://doi.org/10.13187/ejced.2021.3.783