STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DALAM KETERBATASAN PROSPEK KERJA

Authors

  • Cindy Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i2.3535

Abstract

Abstrak: Pada generasi masa kini pendidikan merupakan hal yang penting sebagai dasar untuk mendapatkan pekerjaan dan hidup yang lebih baik tetapi kenyataannya tidak semua bidang memiliki prospek kerja yang memiiki peluang banyak. akan ada tantangan tidak semulus yang di harapkan. Meskipun sebagai tenaga pendidik merupakan pekerjaan yang mulia dan dikerjaan dengan ikhlas tetap saja sebagai calon tenaga pendidik perlu menyadari keterbatasan prospek kerja dan menentukan pilihan dan langkah baik dalam memaksimalkan peluang yang ada. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan diri yang dilakukan mahasiswa pendidikan sosiologi dalam menantang keterbatasan prospek kerja di bidangnya.
Kata kunci: strategi, pengembangan diri, keterbatasan, prospek kerja

References

Amalia, S. D. N., Kudus, W. A., & Lindawati, Y. I. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 10818-10829.

Ambarwati, T., & Widiansyah, S. (2023). Representasi Standar Kompetensi Guru dalam Anime Ansatsu KyÅshitsu (Kajian Semiotika dan Sosiologi Pendidikan). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(03), 167-184.

Bachtiar, J. S., & Kudus, W. A. (2022). Pengaruh Motivasi Karir Mengajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(5).

Giddens, A. (2010). Teori Strukturasi: Dasar-dasar pembentukan struktur sosial masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herry-Priyono, B. (2016). Anthony Giddens: suatu pengantar. Kepustakaan Populer Gramedia.

Setiawan, R. (2017, May). Kebebasan Ekspresi Individual dalam Pembangunan Manusia Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Patty, L. A. A., Ohoiwutun, S. K., & Pattimukay, H. V. R. (2024). Model Pengembangan Dan Kesuksesan Karir Perempuan Tenaga Pendidik Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 185-203.

Dodi.(2024). Kampus Sebagai Wadah Pengembangan Diri (Self Development) Mahasiswa. Portal Berita Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved From https://berita.upi.edu/kampus-sebagai-wadah-pengembangan-diri-self-development-mahasiswa/

Widiansyah, S., Farhan, M., Mahardika, C., Defita, D., Insam, V., Maelawati, I. K., ... & Auli, C. T. (2021). Upaya Peningkatan Minat Siswa dan Siswi SMAN 4 Cilegon (Suralaya) Dalam Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Dinamika, 8(1).

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Lestari, C. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DALAM KETERBATASAN PROSPEK KERJA. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i2.3535

Issue

Section

Articles

Citation Check