EDUKASI KELISTRIKAN PADA MASYARAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PT PLN UP3 SURABAYA UTARA

Authors

  • Diana Putri Damayanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dyah Widowati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3397

Abstract

Abstrac. Providing electricity to the public is an important aspect in efforts to increase understanding about the wise and safe use of electrical energy. PT PLN (Persero) UP3 North Surabaya, as an electricity service provider, has a strategic role in providing relevant information to the public regarding electricity aspects. One effective method for conveying this education is through social media. This research aims to analyze the role of social media as a means of electricity education by PT PLN UP3 North Surabaya. In this research, the author examines various educational content disseminated via social media platforms such as Instagram, Facebook, and Twitter, and their impact on increasing public understanding of aspects of electricity, such as efficient energy use, electrical safety, and energy sustainability. The research results show that social media has become an effective communication tool in increasing public awareness about the importance of wise and safe use of electrical energy, as well as expanding the reach of education to a wide audience. With an interesting and informative approach, PT PLN UP3 North Surabaya succeeded in educating the public to better understand their rights and obligations as electricity users, as well as the importance of maintaining the sustainability of energy resources in Indonesia.

 

Keywords: Electrical Education, Social Media, PT PLN UP3 North Surabaya, Use of Electrical Energy, Electrical Safety, Energy Sustainability.

Abstrak. Edukasi kelistrikan kepada masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang penggunaan energi listrik secara bijak dan aman. PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Utara, sebagai penyedia layanan kelistrikan, memiliki peran strategis dalam memberikan informasi yang relevan kepada masyarakat terkait aspek kelistrikan. Salah satu metode yang efektif dalam menyampaikan edukasi tersebut adalah melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial sebagai sarana edukasi kelistrikan oleh PT PLN UP3 Surabaya Utara. Dalam penelitian ini, penulis mengkaji berbagai konten edukasi yang disebarluaskan melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, serta dampaknya terhadap peningkatan pemahaman masyarakat mengenai aspek kelistrikan, seperti pemakaian energi yang efisien, keselamatan listrik, dan keberlanjutan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial telah menjadi alat komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan energi listrik yang bijak dan aman, serta memperluas jangkauan edukasi kepada khalayak luas. Dengan pendekatan yang menarik dan informatif, PT PLN UP3 Surabaya Utara berhasil mengedukasi masyarakat untuk lebih memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pengguna listrik, serta pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya energi di Indonesia.

Kata Kunci: Edukasi Kelistrikan, Media Sosial, PT PLN UP3 Surabaya Utara, Penggunaan Energi Listrik, Keselamatan Listrik, Keberlanjutan Energi.

References

Akram, Muhammad. (2020) "Edukasi Kelistrikan Pada Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram Oleh Humas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau."Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook, (Jakarta: Media Kita)

Maulida, R. (2017). Pengaruh Edukasi Cuci Tangan Dengan Metode Jembatan Keledai Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pengunjung Puskesmas Kasihan I Dan Puskesmas Sewon I Bantul.

Meutia Puspita Sari. (2017) “Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riauâ€, Jom Fisip 4,no.2,

Nurhadi, Z. F. N., Apriliyan, R., & Putra, H. E. (2023). Edukasi Pen.ggunaan Media Sosial Kepada Masyarakat Desa Cigadog Garut. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 3(2) : 24-33.

Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi. JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 1-19.

PLN. (2023). Profil Perusahaan. Retrieved from web.pln.co.id: https://web.pln.co.id/tentang- kami/profil-perusahaan

Priyantoro, Agus. (2017) “Faktor–Faktor Pendukung Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Tahun 2016 Pada Sd Negeri Se-Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengahâ€(Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta)

Rosady Ruslan (2016) Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Konsep &Aplikasi (Jakarta : Rajawali Pers)

Rulli Nasrullah. (2017) Media Sosial Persperktif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi,(Bandung:Simbiosa Rekatama)

Setiadi, Ahmad, (2016) Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, Jurnal BSI 16.

Downloads

How to Cite

Damayanti, D. P., & Widowati, D. (2024). EDUKASI KELISTRIKAN PADA MASYARAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PT PLN UP3 SURABAYA UTARA. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3397

Issue

Section

Articles

Citation Check