PELATIHAN INTERAKTIF GEOGEBRA: PENDEKATAN VISUAL UNTUK PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR

Authors

  • Ana Fauziah Universitas Bakti Indonesia
  • Hermanto Hermanto Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3289

Abstract

Abstract: Linear equations and inequalities have many real-world applications but are often considered challenging due to their abstract nature. Technology-based learning approaches, such as GeoGebra applications, are effective alternatives to help students understand algebraic concepts through visual and interactive methods. This training aims to enhance students' understanding and interest in mathematics by presenting materials, demonstrations, and hands-on practice in applying the systems of linear equations and inequalities. The results indicate improved student comprehension and readiness for an increasingly digitalized education.

Keywords: linear equations, linear inequalities, geogebra, interactive training

 

Abstrak: Persamaan dan pertidaksamaan linear memiliki berbagai aplikasi nyata, namun sering dianggap sulit karena sifatnya yang abstrak. Pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, seperti penggunaan aplikasi GeoGebra, menjadi alternatif efektif untuk membantu siswa memahami konsep aljabar melalui metode visual dan interaktif. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap matematika dengan menyajikan materi, demonstrasi, dan praktik langsung dalam mengaplikasikan konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dan kesiapan mereka menghadapi pendidikan yang semakin terdigitalisasi.

Kata kunci: persamaan linear, pertidaksamaan linear, GeoGebra, pelatihan interaktif

References

Apriani, F., & Sudiansyah. (2024). Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika , 4, 40-49.

Busrah, Z., Hafis, Maulidya, A., Dianti, V.N., & Muhajir, M.A. (2023). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa SMAN 1 Parepare. Malabiq:Pengabdian kepada Masyarakat, 2, 90-101.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13, 121-129.

Hall, J., & Lingefjard, T. (2017). Mathematical Modeling: Applications with GeoGebraTM. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Irawan, A., Anggraeni, E.Y., & Ipnuwati, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Software GeoGebra pada Siswa kelas XI di SMKS Nurul Huda Pringsewu Materi Program Linear. KALANDRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 9-17.

Mardiani, D. (2019). Model Accelerated Learning Cycle dalam Pembelajaran Pertidaksamaan Linear dan Nilai Mutlak. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 483-492.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4, 237-246.

Nazhifah, A.Y., & Rosiyanti, H. (2021). Webinar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Man 1 Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 13, 1-8. Diperoleh dari: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Nurfadillah, S., Azhar, C. R., Aini, D.N., Apriansyah,F., & Setiani,R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3, 153-163.

Sari, T., & Putri, J. H. (2024). Pembelajaran Matematika sebagai Wadah Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3, 73-79.

Sulastri, L., & Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian Learning Obstacles Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikkan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Fauziah, A., & Hermanto, H. (2025). PELATIHAN INTERAKTIF GEOGEBRA: PENDEKATAN VISUAL UNTUK PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3289

Issue

Section

Articles

Citation Check