PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN CANVA DI MADRASAH ALIYAH TERPADU AL-HIDAYAH SUMENEP (MEMAHAMI TEORI PAULO FREIRE)

Authors

  • Sulidar Fitri Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-8421-5118
  • Zufrufin Saputro Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Pamuji Raharjo Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Eko Susetyarini Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Baiduri Baiduri Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3275

Abstract

Paulo Freire dikenang sebagai salah satu tokoh Pendidikan yang mengubah paradigma pendidikan, menjadikannya alat transformasi sosial dan keadilan. Paulo Freire adalah seorang filsuf dan pendidik asal Brasil yang menekankan pentingnya pendidikan sebagai alat pembebasan. Media video dapat memberdayakan siswa dengan Keterampilan Digital dimana sejalan dengan teori Freire mengenai Pendidikan pembebasan. Siswa perlu diberi kebebasan untuk dapat mempelajari hal-hal yang sesuai dengan zamannya. Era saat ini merupakan era digital dimana banyak melibatkan teknologi informasi dalam pembeljaran. Belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam penggunaan salah satu aplikasi pembuatan video untuk pembelajaran adalah hal yang dibutuhkan untuk era revolusi industry 4.0 ini dan era society 5.0. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dan sangat serius mengikut tahapan demi tahapan pelatihan.

Author Biographies

Sulidar Fitri, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Doktor Pendidikan

Zufrufin Saputro, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Doktor Pendidikan

Pamuji Raharjo, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Doktor Pendidikan

Eko Susetyarini, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Doktor Pendidikan

Baiduri Baiduri, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Doktor Pendidikan

References

Bentley, L. (1999). A Brief Biography of Paulo Freire | Pedagogy and Theatre of the Oppressed, Inc. Pedagogy and Theater of the Oppresed. https://ptoweb.org/aboutpto/a-brief-biography-of-paulo-freire/

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. 7.

Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19–30.

Fitri, S., & Lubis, M. (2024). AN EVALUATION ON ONLINE LEARNING BY DATA VISUALIZATION: A CASE STUDY FROM INFORMATION TECHNOLOGY EDUCATION PROGRAM. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/humaniora.v25i2.23687

Fitri, S., & Rubiani, H. (2023). Edukasi Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Menunjang Pemberdayaan Diri Perempuan Paruh Baya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.102

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.

Izul, I. A. M., Fitri, S., & Muhammad, T. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN MATERI DASAR BAHASA C SHARP MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI: DEVELOPMENT OF SHARP C LANGUAGE BASIC MATERIAL PROGRAMMING LEARNING MEDIA USING ANIMATED VIDEOS. PRODUKTIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 701–713. https://doi.org/10.35568/produktif.v8i1.4585

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354.

Pongoh, D., Lumapow, H. R., Lengkong, J. S. J., Rotty, V. N. J., & Tuerah, I. J. C. (2022). Sumbangan Pemikiran Filsafat Pendidikan Paulo Freire Bagi Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia. Media (Jurnal Filsafat dan Teologi), 3(1), 103–115. https://doi.org/10.53396/media.v3i1.57

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 1–11.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407

Rahmawati, M., Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (2021). The Era of Society 5.0 as the unification of humans and technology: A literature review on materialism and existentialism. Jurnal Sosiologi Dialektika, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952

Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran berbasis Pendekatan Microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.51920

Ulyana, A., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor untuk Siswa Kelas VII. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 5(2), 81–86.

Yunifa, W., & Sriyeni, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Canva Web Bagi Guru SMP Bina Cipta. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i2.849

Yurdayanti, Y., Yulia, E., Ulfathira, F., Tazkiyah, A., Shahmalia, S., & Safriza, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Presentasi Berbasis Canva untuk Guru di SD Negeri 8 Pemali Kabupaten Bangka. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2464

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Fitri, S., Saputro, Z., Raharjo, P., Susetyarini, E., & Baiduri, B. (2025). PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN CANVA DI MADRASAH ALIYAH TERPADU AL-HIDAYAH SUMENEP (MEMAHAMI TEORI PAULO FREIRE). Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 128–135. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3275

Issue

Section

Articles

Citation Check