PELATIHAN UNTUK PENGUATAN KAPASITAS GURU IPS SMP KABUPATEN PASURUAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Kusnul Khotimah
  • Agus Suprijono
  • Ketut Prasetyo
  • Sarmini Sarmini
  • Sugeng Harianto
  • Sukma Perdana Prasetya
  • Nuansa Bayu Segara

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3234

Abstract

Tuntutan implmentasi kurikulum merdeka mengharuskan guru beradaptasi. Namun demikian masih banyak guru IPS SMP di Kabupaten Pasuruan yang belum paham dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Banyak guru yang masih bingung dan belum percaya diri untuk menyusun modul ajar yang sesuai dengan karakteristik sekolah dalam pembelajaran IPS. Program ini bertujuan utuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar pembelajaran IPS kontekstual sesuai karakteristik sekolah. Pelatihan dilaksakanan dalam tiga kali yaitu in service training 1 secara daring synchronous, on the job training secara daring asynchronous dan in service training 2 secara luring. Secara keseluruhan kegiatan ini telah berhasil untuk meningkatkan kemampuan guru IPS SMP Kabupaten Pasuruan. Dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, baik dalam jumlah pengumpulan tugas maupun kualitas hasilnya, peserta dapat menerapkan modul ajar yang mereka susun ke dalam pembelajaran di kelas. Hasil ini juga menjadi bukti bahwa pelatihan PKM mampu memberikan dampak nyata dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka.

References

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42-50.

Daga, Agustinus Tanggu. Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma 7.3 (2021): 1075-1090.

Dakhi, S., & Damanik, I. S. (2018). Students' Motivation in Reading English Text: A Qualitative Study in EFL Context. Online Submission, 4(2), 81-93.

Fadly, D., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). The effectiveness of a SOIE strategy using socio-scientific issues on students’ chemical literacy. International Journal of Instruction, 15(1), 237-258.

Karsiwan, K., Pujiati, P., & Rufaidah, R. (2017). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Pada Siswa SMK Farmasi Cendikia Farma Husada. Humano: Jurnal Penelitian, 8(1), 1-13.

Maulidar, M., & Julia, P. (2024). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Pardigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Seramoe Education, 1(2), 228-238.

Oktoviani, O., Jasman, J., & Halim, I. (2024, September). The Influence of Lifestyle, Financial Literacy and Locus of Control on the Use of Peer To Peer Lending Post Covid-19. In International Conference of Business, Education, Health, and Scien-Tech (Vol. 1, No. 1, pp. 1852-1860).

Pandapotan, S. (2018). Inventarisasi kearifan lokal etnis Karo dalam pemanfaatan etnobotani di Kabupaten Karo. JEHSS: Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 1(1), 40-47.

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Khotimah, K., Suprijono, A., Prasetyo, K., Sarmini, S., Harianto, S., Prasetya, S. P., & Segara, N. B. (2025). PELATIHAN UNTUK PENGUATAN KAPASITAS GURU IPS SMP KABUPATEN PASURUAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 143–150. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3234

Issue

Section

Articles

Citation Check