PENDAMPINGAN PENULISAN CATATAN KAKI DALAM PENINGKATAN PENULISAN KARYA ILMIAHMAHASISWA STAI AULIAURRASYIDIN
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3178Abstract
kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah berrupa skripsi mahasiswa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan melalui pendampingan penulisan footnote. Metode yang digunakan dalam pengabdian nini berupa pendekatan partisipatif dan edukatif dengan cara ceramah, diskusi, praktek, dan pendampingan. Pemateri menggunakan power point dan infokus sebagai media dalam penyamaian matei pengabdian ini. Hasil kegiatan menunjukan antuasias mahasiswa yang cukup besar dalam mengikuti kegiatan ini yang terlihat dari banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait tata cara membuat catatan kaki dari berbagai sumber. Peserta kegatan juga menunjukan bahwa mereka mampu memahami teori dan konsep yang telah dipaparkan pemateri yang terlihat dari hasil praktek membuat catatan kaki diakhir kegiatan pengabdian ini. Pebgadian ini berhasil dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa STAI Auliaurrasyidin dalam menulis karya ilmiah dengan penulisan cacatan kaki yang benar.
References
Akmaluddin, Yakin, N., & Sutikno, S. (2019). Bahasa Indonesia (A. Sucipto, I. Muzayanah, & T. I. P (eds.); Pertama). KPPPA & UIN Mataram.
Damopolii, M., Samin, S., & Khalik, S. (2023). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Makalah, Risalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian (Kedua). Alauddin University Press.
Karomani. (2020). Panduan penulisan karya ilmiah universitas lampung. Universitas Lampung.
Rahim, A. R. (2020). Cara praktis penulisan karya ilmiah (T. Paelori (ed.); Pertama). ZAHR Publishing.
Riyanta, Bahiej, A., & Fathorrahman. (2019). Pedoman Penulisan Tesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Syeptiani, S., Hidayat, A., & Ariani, D. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Sumber Pustaka Dalam Menunjang Penulisan Karya Ilmiah Pada Anggota OPSI. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 360–367. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3725