RESPON DOSEN PGSD STKIP MELAWI TERHADAP PERKULIAHAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang respon dosen PGSD STKIP Melawi terhadap pelaksanaan perkuliahan daring menggunakan aplikasi google classroom pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk menggali dan memperoleh informasi dan data yang valid dengan menyebarkan angket secara mendalam kepada subjek peneliti. Subjek penelitian adalah dosen PGSD STKIP Melawi. Hasil penelitian ini adalah pertama, respon dosen terhadap kemudahan mengakses aplikasi google classroom sangat baik. Semua dosen dapat mengakses google classroom dengan mudah, dan sebagian besar dosen juga menyetujui bahwa tampilan google classroom mudah dipahami dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Kedua, sebagian besar dosen merespon dengan sangat baik terhadap kemudahan-kemudahan penggunaan platform atau aplikasi google classroom. Kemudahan-kemudahan tersebut yaitu, 1) dosen dapat mengirim tugas dan menevaluasi tugas mahasiswa lebih cepat, 2) fitur-fitur google classroom memudahkan dosen dalam melaksanakan perkuliahan daring, 3) dosen dapat melakkan kolaborasi online yang efisien. Ketiga, sebagian besar dosen menyetujui bahwa penggunaan platform atau aplikasi google classrom sangat efektif dalam mendukung perkuliahan daring selama pandemi covid-19.
Kata Kunci : respon dosen, perkuliahan daring, google classroom.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 No.1, 64 – 70.
Aunurrahman, R. M.. Dewi, P. I., Purwaningsih, I. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 4 (6), 445-449.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109.
DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v2i2.512
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF - 77 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.