ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LAYANG-LAYANG PADA MATERI BANGUN DATAR LAYANG-LAYANG

Authors

  • Riansyah Riansyah IAIN Pontianak
  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.3509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa kelas VII C di Mts. Negeri 1 Pontianak melalui penggunaan permainan tradisional layang-layang dalam pembelajaran materi bangun datar layang-layang. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif  dengan  pendekatan  deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dalam bentuk angket dengan pernyataan iya atau tidak. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 siswa kelas VII C yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penelitian dalam bentuk angket sebagai pendekatan pembelajaran dalam melakukan sebuah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional layang-layang dalam pembelajaran bangun datar layang-layang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dalam hal akitivitas belajar, mayoritas siswa menyatakan bahwa permainan tradisional layang-layang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, dengan bukti 76,75% presentase dari 33 siswa. Dalam hal memahami bangun datar layang-layang hanya sebagian  siswa saja dengan bukti 52,52% presentase dari 33 siswa. Dan dalam hal memahami permainan tradisonal layang-layang pada bangun datar layang-layang mayoritas siswa memahaminya dengan bukti 72,72% presentase dari 33 siswa. Dari data tersebut bahwa aktivitas belajar siswa lebih efektif ketika bangun datar layang-layang dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan hanya fokus dengan materi.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Riansyah, R., & Sarassanti, Y. (2025). ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LAYANG-LAYANG PADA MATERI BANGUN DATAR LAYANG-LAYANG. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.3509

Issue

Section

Articles

Citation Check