Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) pada Keterampilan Metakognisi Siswa

Yunita Eka Sari, Rindah Permatasari, Eko Fery Haryadi Saputro

Abstract


Abstrak: Keterampilan metakognisi merupakan kesadaran dari cara belajar yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-ekspiremental dan desain One group pretest-posttest. Subyek dari penelitian ini adalah 25 siswa kelas X IPA MA Bustanul Qur’an Nanga Pinoh. Instrumen yang digunakan anatara lain soal pretest dan posttest keterampilan metakognisi dan Angket Keterampilan Metakognisi. Hasil analisis keterampilan metakognisi siswa setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) untuk menunjukan keberhasilan dalam peningkatan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan skala likert yaitu skor rata-rata nilai pretest sebesar 36,88 (kategori kurang baik) dan posttest sebesar 62,56 (kategori baik). Kemudian, dengan uji t-test menunjukan bahwa nilai  lebih besar dari , yaitu 4,553 > 1,677 atau dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima  dan nilai rata-rata  effect size yaitu 0,6 dengan kategori efek sedang (Moderate effect). Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning(PBL) efektif terhadap keterampilan metakognisi siswa di kelas X IPA MA Bustanul Qur’an Nanga Pinoh.

Kata Kunci : Keterampilan Metakognisi, Problem Based Learning(PBL)


Full Text:

PDF

References


Adityas, A. O., & Saadi, P. (2015). Pengaruh model problem based learning berbasis aktivitas metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). 11-12.

Aisyah, S., & Ridlo, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran jigsaw dan problem based learning terhadap skor keterampilan metakognitif siswa pada mata pelajaran biologi. Journal of Biology Education, 4(1).

Daga, R., Ismail, N., & Maddatuang, B. (2020). Analisis efektivitas program mandiri dagang untung pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Kanwil Regional X Sulawesi dan Maluku. SEIKO: Journal of Management & Business, 3(3), 65-78.

Danial, M. (2010). Pengaruh strategi PBL terhadap keterampilan metakognisi dan respon mahasiswa. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 11(2).

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fitriyah, I., & Setianingsih, R. (2014). Metakognisi siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 121.

Haryadi, S. F. E., Andreas, P. B. P., & Amin, R. (2015). Designing literacy and problem based learning to foster critical thinking in biology. In Journal International Conference on Mathematics, Science, and Education (Vol. 9, pp. 19-23).

Lestari, H, N., Suganda, O., dan Widiantie, R. (2017). Hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah melalui model problem based learning pada konsep pencemaran lingkungan kelas X. Quangga: 9(2), 28-37.

Mawaddah, S., dan Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).166-175.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi ke-1. Jakarta: Rajawali Press.

Permatasari, R. (2019). Korelasi antara hasil belajar dan metakognisi siswa sekolah dasar di nanga pinoh, kalimantan barat. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 45-51.

Permatasari, R., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis self-regulated learning pada materi keseimbangan lingkungan dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1123-1129.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap berita pada website APTISI. Sisfotenika, 8(2), 117-127.

Rizka, N., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2018). Penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Sa’adah, S. L., Suryaji, M. A., Azizah, S. N., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Effective problem based learning (PBL) based local materials for improving metacognition skills, inquiry skills and social skills class VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 501-506).

Sugiarto, B. (2014). Students' metacognitive self-regulation-a case study: Molecular structure problem solving. Chemistry, 23(3), 374-391.

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., Setiawati, F.A., & Nurhayati, S.R. (2013). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Pos, J. J. K. (2013). Profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13-24.




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.730

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.