ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PRODI PENJAS DIMASA PANDEMI COVID-19

Kurnia Dyah Anggorowati, Nur Moh. Kusuma Atmaja, Eko Rudiansyah

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to find out the problems of online learning during the pandemic, especially for Physical Education study program students. In addition, to find out the obstacles faced in online learning so that we can anticipate them early. The method used in this research is qualitative, namely the type of survey. Data collection techniques in this study used a questionnaire containing questions that must be answered by respondents.The results of this study are that after giving a questionnaire to 47 students with 9 questions, the following results were obtained: 1) In online learning, students do not understand about using lecture applications so there must be a clear tutorial in its use, 2) Online learning makes students not optimal in learning at home it is proven that 53% of students choose the answer is less, 3) Internet quota costs are relatively expensive and it is difficult to get a network when students carry out lectures from home, even though there is distance learning quota assistance (PJJ).

Keywords: Problems, online learning, the pandemic

 

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran daring dimasa pandemi khususnya untuk mahasiswa prodi Penjas. Selain itu juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring sehingga kita dapat mengantisipasi lebih awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu jenis survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi tentang pertanyaan yang harus dijawab oleh responden.Hasil penelitian ini adalah setelah memberikan angket kepada 47 orang mahasiswa dengan 9 pertanyaan maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Dalam pembelajaran daring mahasiswa kurang memahami tentang menggunakan aplikasi perkuliahan sehingga harus ada tutorial secara jelas dalam penggunaannya, 2)Pembelajaran daring membuat mahasiswa tidak optimal belajar dirumah hal ini dibuktikan bahwa 53% mahasiswa memilih jawaban kurang, 3) Biaya kuota internet relative mahal dan susah mendapatkan jaringan bila mahasiswa melaksanakan kuliah dari rumah, meskipun sudah ada bantuan kuota pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kata Kunci: Problematika, pembelajaran daring, masa pandemic


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, H., (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik

Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.545

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.