ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN SINDANG III
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan serta bagaimana pengaruh model pembelajaran bauran (blended learning) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Sindang III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan wawancara sebagai sumber data, baik itu data primer, data sekunder. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 64% dari total 25 orang siswa kelas V di SDN Sindang III menganggap pembelajaran bauran (blended learning)tidak berjalan dengan efektif terkendala beberapa hal seperti kurangnya fasilitas penunjang yang dimiliki siswa untuk mengikuti pembelajaran bauran ini serta pengaturan pembelajarannya yang masih kurang baik seperti bagian pembelajaran yang berani yang belum dilaksanakan secara semestinya, jam pembelajaran yang terlalu singkat membuat guru sulit untuk melaksanakan pembelajaran yang baik , kerjasama antara guru dengan orang tua siswa tidak berjalan dengan baik, serta pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan model dan media yang kurang variatif. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang optimal yang terlihat dari pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di kelas V SDN Sindang III hanya sekitar 48% yang termasuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci: Pembelajaran Bauran, Hasil Belajar, Kegiatan Ekonomi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashari, A., Mulyono, H., & Matsuri. (2017). )Mahasiswa PGSD FKIP UNS PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 57126(449).
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In Handbook of blended learning: Global perspective, local designs. San Fransisco, CA: Pfeiffer.
Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479
Imam Sufiyanto, M., & Roviandri. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS SD/MI di Kota Pamekasan Tahun Pelajaran 2019—2020. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 107–120. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4101
Offline, E., & Learning, M. (n.d.). BLENDED.
Rofifah, D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8, 12–26.
DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.487
Article Metrics
Abstract view : 143 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.