UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V A DI SDN 06 NANGA PINOH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Astria Yonarita, Clarry Sada, Elly Yana

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mencari solusi sebagai upaya meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar bahasa Inggris pada siswa kelas V A di SDN 06 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2010/2011. Peneliti menggunakan flashcard sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi terhadap 32 orang siswa kelas V A SDN 06 Nanga Pinoh. Berdasarkan penelitian tindakan yang telah peneliti laksanakan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar bahasa Inggris di tiap siklus.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Flashcard, Penelitian Tindakan Kelas.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.17

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.