UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBER HEAD TOGETHER (NHT)
Abstract
in social scince subjects using cooperative learning type Number Head
Together (NHT). Implementation of research at public elementary
schools 04. The object of research was the result of studyingsocial
science and cooperative learning type Number Head Together (NHT).
Data collection techniques used to determine the enforceability of the
lerning process based RPP. The test used to determine student
learning outcomes after participating in the learning process. The data
analysis technique used is descriptive based on tables and graphs.The
results indicate that an increased in student learning outcomes in
social science subjects as seen from the results of the percentage of
success criteria, namely research on cycle I at 80,95% categorized
quite goos while the cycle II at 100 % categorized excellent. Increased
percentage of cyclye I to cycle II at 19,05 %. In addition, the increase
can also be seen based on the observation RPP in cycle I at 85,93%
and cycle II at 100%. An increase in the percentage of observations of
cycle I to cycle II of 14.07%. Based on these results it can be
concluded that the social science learning using cooperative learning
type Number Head Together (NHT) to improve learning outcomes
graders 4 elementary school at Nanga Pinoh.
Keywords: learning outcomes,social science in learning elementary schools,
cooperative learning type Number Head Together (NHT).
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Pelaksanaan penelitian di sekolah dasar negeri 04 Nanga Pinoh.Objek
penelitian merupakan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dan model
pembelajaran kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik
observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan proses
pembelajaran berdasarkan RPP. Tes digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif berdasarkan tabel dan
grafik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang terlihat dari hasil
persentase kriteria keberhasilan penelitian yaitu pada siklus I sebesar
80,95% berkategori cukup baik sedangkan pada siklus II sebesar
100% berkategori sangat baik. Peningkatan persentase dari siklus I ke
siklus II sebesar 19,05%. Selain itu, peningkatan juga dapat dilihat
berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan RPP pada siklus I sebesar
85,93% dan siklus II sebesar 100%. Peningkatan persentase observasi
dari siklus I ke siklus II sebesar 14,07%.Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head
Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI
SDN 04 Nanga Pinoh.
Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran IPS di SD, model pembelajaran
kooperatif tipe NHT
Full Text:
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia)References
Isjoni. 2009. Pembelajaran
Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning.
Bandung: Alfabeta.
Johnson and Johnson. 1994.
Cooperatif Learning in The
Classroom Virginia, Ascociation
for Supervision and curriculum
Develipment.
Kusumah W. dan Dwitagama D. 2011.
Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta Barat: Indeks.
Lie, A. 2002. Mempraktikan
Cooperative Learning di RuangRuang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Nasution, S. 2005. .Berbagai
.Pendekatan.dalam.Proses.Belaj
ar .& Mengajar, Jakarta: Bumi
Aksara.
Salvin, Robert. E. 2009. Cooperative
Learning Teori, Riset dan
Praktik, Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. dan Rivai, A. 1990. Media
Pengajaran. Bandung: Penerbit
C.V. Sinar Baru Bandung.
Sujana, N. 1989. Pengertian Belajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v5i1.130
Article Metrics
Abstract view : 63 timesTidak berjudul (Bahasa Indonesia) - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.