Pembelajaran Blended Learning Berbantuan LKPD untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Bina Kusuma di Nanga Pinoh

Sumiyarti Sumiyarti

Abstract


AbstractIndependent learning is a process of individual initiative in learning and based on their own will. The purpose of this study was to determine the growth of student learning independence after the implementation of the LKPD-assisted Blended learning learning model. The research method used is an experimental method with a quantitative approach and the type of Pre-Experimental Design, and the research design is a One-Shot Case Study. The subjects in this study were class X TKI 1 as many as 13 students. This study uses a non-test technique in the form of a learning independence questionnaire which is based on a learning independence instrument. The data analysis technique of student learning independence uses the Guttman scale. The conclusion in this study is the growth of student learning independence after applying the Blended Learning learning process assisted by LKPD with the average value of student learning independence is 67 and belongs to the decent category.

 

Keywords: Blended learning, independent learning, LKPD

Abstrak: Kemandirian belajar merupakan suatu proses inisiatif individu dalam belajar dan berdasarkan kemauan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan kemandirian belajar siswa setelah diberlakukan model pembelajaran Blended learning berbantuan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan berjenis Pre-Experimental Design, serta desain penelitiannya adalah One-Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKI 1 sebanyak 13 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik non tes berupa angket kemandirian belajar yang didasari pada  instrumen kemandirian belajar. Teknik analisis data kemandirian belajar siswa menggunakan skala Guttman. Simpulan dalam penelitian ini adalah adanya pertumbuhan kemandirian belajar siswa setelah menerapkan proses pembelajaran Blended Learning berbantuan LKPD dengan nilai rata-rata kemandirian belajar siswa adalah 67 dan tergolong ke dalam kategori layak

Kata-kata kunci: Blended learning, kemandirian belajar, LKPD


Full Text:

PDF

References


Annajmi. 2019. Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendididikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis, 1 (2) : 94 - 103. E-ISSN 2654-8739.

Ellyandhani L.A. 2019. Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa.

Febriastuti Y. D. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Inkuiri Berbasis Proyek.

Fitriani, R. 2019. Skripsi Hubungan Kemandirian Belajar Ssiwa Dalam Mengerjakan Tugas Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 1441 H/2019 M.

Handayani, N., dan Hidayat, F. 2019. Hubungan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education, 1 (2) : 1 - 8. E-ISSN 2654-5497.

Hermawanto, Kusairi, dan Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended learning). Jakarta : Prestasui Pusaka Raya.

Ismaniati. 2015. Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8 (2).

Jusuf, Heni, 2016. Pengembangan Blended Learning Untuk Memotivasi Siswa Dalam Memahami Materi Ajar. Jurnal ilmiah teknologi informasi terapan, 3 (1).

Khorioh, Ni’matul, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10 (2).

Mustaqiin, Tri Insan, 2017. Analisis Kemandirian Belajar Fisika Siswa Di SMK. Jurnal.untirta.ac.id, vol 3.

Natalia Halle R.F. 2019. Penerapan Model Blended Learning Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar , Berpikir Krisis, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA.

Ni’matul, Munoto dan Hanifah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10 (2) : 97 - 110.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pramesti A.A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Sari, Annisa Ratna. 2013. Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thingking Mahasiswa Di Era Digital. Yogyakarta: universitas negeri Yogyakarta.

Sugianto, I., Suryandari, S., dan Age, L.D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3) : 159 - 170. ISSN 2722-9467 (Online).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta : Bandung.




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i2.933

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.