KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN BIASA DAN CAMPURAN

QUEEN TITAH WIDI ISLAMI, Yumi Sarassanti, NURUL APSARI

Abstract


Abstract: This study aims to describe students' mathematical communication skills in the material of ordinary and mixed fractions. The research subject is the seventh grade students of SMP Negeri 2 Nanga Pinoh and the object of this research is the students' mathematical communication skills. The type of research used in this research is descriptive qualitative research usingsurvey research methods. The instrument used is in the form of 3 test questions of mathematical communication skills in the form of descriptions. Research result obtained from the student's communication ability test showed that 43.5% of students answered according to the indicator of mathematical communication ability in writing and categorized as low and 63.05% of students answered according to the indicator of mathematical expression of communication ability and was categorized as moderate.

Keywords: Mathematical Communication, Fractions

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bilangan pecahan biasa dan campuran. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nanga pinoh dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Adapun instrumen yang digunakan yaitu berupa 3 soal tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi siswa menunjukan bahwa 43,5% siswa menjawab sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis menulis dan dikategorikan rendah serta 63,05% siswa menjawab sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis ekspresi dan dikategorikan sedang.

Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Bilangan Pecahan


Full Text:

PDF

References


Ariani,D.N., 2017. Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah,Volume 3,Nomor 1

Ariyunita,N. 2012. Analisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan (Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21133.

Hikmah,N. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. Volume 1, No 1. Halaman 80-85

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal AdMathEdu. Volume 7, No 1. Halaman 9-18

Pratiwi,R.A., dan Abd.Qohar. 2020. Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7, No 1. Halaman 99-109

Setiawan,W., 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol.2, No. 1, Mei 2015.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i1.613

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF - 248 times

Copyright (c) 2022 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.