STUDY LITERATUR : PERAN TEKNOLOGI SAAT INI PADA MODEL COLLABORATIVE LEARNING PADA MATEMATIKA

Authors

  • Choirun Nisa Nisa Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dalam model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika. Di era globalisasi, pendidikan harus menghadapi tantangan keragaman budaya yang kompleks, terutama dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, penggunaan teknologi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang memungkinkan peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan merangkum data dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti aplikasi edukasi dan media sosial, secara signifikan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Teknologi menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menarik, sehingga mendorong partisipasi aktif siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, seperti keterbatasan aksesibilitas teknologi dan potensi ketergantungan pada alat digital. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pendekatan yang seimbang yang menggabungkan penggunaan teknologi dengan pemahaman konsep yang mendalam. Simpulan dari penelitian ini menekankan bahwa pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dan konteks siswa dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan kolaborasi di antara siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terus berubah

References

Apriyanto, M. ., & Aliatussa’adah, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 213–224.

Cantika Dinda Karisma, Yuniawatika, & Erif Ahdhianto. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 265–276. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.28175

Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249–259. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕÎΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Professionalism, T., Kriswanto, D., & Wahyuningsih, S. (2025). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP ISLAM TERPADU. 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p374-382

Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. 1852–1860.

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Wulandari, M., Salsabila, N. H., & Rebo, P. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL. 3(1).

Yulinda, I. (2025). Menjelajahi Dampak Teknologi Apple Terhadap Efektivitas Pembelajaran : Analisis Tematik Tentang Motivasi , Kolaborasi , dan Produktivitas. 6(2), 1116–1131.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Nisa, C. N. (2025). STUDY LITERATUR : PERAN TEKNOLOGI SAAT INI PADA MODEL COLLABORATIVE LEARNING PADA MATEMATIKA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/4221

Issue

Section

Articles

Citation Check