ANALISIS TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER DI MA SAIRUN PULAU RHUN

Authors

  • Reiza Kurniawati UNIVERSITAS BANDA NAIRA

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3967

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana tingkat kecemasan matematika siswa kelas X MA Sairun Pulau Rhun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengukuran kecemasan siswa dianalisis berdasarkan hasil pengisian angket 13 siswa dan wawancara terstruktur terhadap 4 Subjek yang dipilih berdasarkan 4 kategori tingkat kecemasan, yakni dangat tinggi, tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian diperoleh  9 siswa atau 69,23% dari jumlah keseluruhan siswa kelas X MA Sairun mengalami kecemasan matematis dari kategori sedang ke sangat tinggi. Dan hanya 4 siswa atau 30,77% yang dikategorikan pada tingkat kecemasan matematis rendah. siswa menunjukan gejala somatik dan psikologis yang disebabkan oleh kurang percaya diri, kurangnya keyakinan saat menyelesaikan soal, tidak memahami soal akibat dari ketidakpahaman terhadap materi, guru tidak memberikan soal yang bervariasi sehingga siswa tidak dapat menjawab soal diluar soal-soal yang pernah diberikan saat proses belajar mengajar serta kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika. 

 

Kata Kunci : Analisis, Kecemasan Matematika, UTS 

References

Pristiwanti, Desi,dkk, (2022). “Pengertian Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling,4(6).

Siagian, M. D.(2016). Kemampuan Konekasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Nursalam. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1).

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Fredi Ganda Putra. 6(2), 143–153.

Santoso, E. (2017). Mengurangi Kecemasan Matematika dengan Bermain Game Logika. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 31–41.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. Supremum Journal of Mathematics Education, 32-36.

Marina Dililla. (2020). Pengembangan Instrumen Skala Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa SMP. Universitas Pendidikan Ganesha.

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c)

Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Kurniawati, R. (2025). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER DI MA SAIRUN PULAU RHUN. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3967

Issue

Section

Articles

Citation Check