Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan wawancara semi terstruktur dengan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, terlihat dari peningkatan keaktifan dan antusiasme mereka dalam proses pembelajaran. Siswa merespons positif terhadap tampilan interaktif dan kemudahan akses materi, yang membantu mereka memahami konsep matematika dengan lebih baik. Selain itu, terjadi peningkatan nilai siswa setelah penerapan media ini, yang menunjukkan efektivitas Google Sites dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini mendukung pentingnya teknologi dalam pendidikan, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif, serta memberikan pertimbangan untuk pembelajaran yang lebih maju dan maksimal.
References
Aprilia, N. A., Arafah, A. A., Sukriadi, S., Rahmi, R. P., Iksam, I., & Wahyuningsih, T. (2024). Pengembangan MARBIKA (Media Pembelajaran dengan Etnomatematika) Berbasis Google Sites pada Materi Pola Gambar dan Pola Bilangan Kelas IV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1185–1199. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3245
Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525.
Didi Haryono. (2014). Filsafat Matematika: Suatu tinjauan epistemologi dan Filosofis. Alfabeta.
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Farahani, R. N. (2023). Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(3), 225–236. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja
Khairullah, W., & Heriyana, T. (2023). NASIONAL KUNINGAN matematika . Hal tersebut terjadi karena siswa merasa kesulitan dalam proses penyelesaian. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 427–444.
Lutfiah, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Google Sites sebagai Media Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Ngaglik 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 93–118. https://jurnal.widyahumaniora.org/
M. Imamuddin, M. I.-, Isnaniah, I., Annisa Aulia, A. A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.7284
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493.
Najah, N. Q., & Lestari, A. S. B. (2024). Studi Literature: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasisi Web Google Site Pada Materi Himpunan. Jurnal Jendela Matematika, 2(01), 37–44. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.644
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2020). Pembelajaran Matematika Sekolah. Penerbit NEM.
Pubian, Y. M., & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Sites dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, XXX(XXX), 163–172. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/Akademika.v11i01.1693
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3097
Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Silaen, R., Aritonang, M. L., Hasugian, F. F., Lahagu, H. M., & Sihombing, M. A. B. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. 2(4), 52–58. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira
Ubaidi, A., Nabila, R., Ar-Rafli, M., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Websites Google Sites Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Yuningsih, Y., Hayadi, B. H., & Yusuf, F. A. (2024). Pembelajaran Inovatif Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa. Technical and Vacational Education International Journal, 4(01), 2721–9798.
Zhafira, D. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis: Pemanfaatan Google Site Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Jenjang Studi. … Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan …, 3, 1–14. http://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/622%0Ahttp://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/download/622/505
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.