ANALISIS EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Elisa Mayang Sari
  • Indah Riezky Pratiwi
  • Novitasari Novitasari
  • Doni Saputra Setiyo Riski

Abstract

Problem-Based Learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang cocok diterapkan dalam mata kuliah Kalkulus di perguruan tinggi, terutama untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas penerapan PBL terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada salah satu politeknik di Bangka Belitung. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 58 mahasiswa semester II Diploma IV Teknik Elektronika yang terbagi dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang belajar dengan PBL dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test guna mengevaluasi pemahaman konsep. Hasilnya, kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata skor tes 85, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang mencapai rata-rata 65. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL meningkatkan pemahaman konsep hingga 30% lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL pada mata kuliah lainnya untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

References

Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 145–154. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82317

Aprilita, T. D., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 546–560. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.353

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Numeracy, 6(2), 189–203. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475

Hasanah, N. Y., Kusmiyati, & Hartini, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 18 Ampenan. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1083–1086. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.787

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Kusuma, A. S. H. M., & Nurmawanti, I. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1922–1934. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1890

Mariyono, D. (2024). Strategi Pembelajaran dari Teori ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Makasar: Idebuku.

Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881

Muljani, S., & Aji, M. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik dan Inovsi Abad 21 Pada Mapel Seni Budaya Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 198–213. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.298

Nasih, A. N., Syam, M., & Nuryadin, A. (2024). Pendekatan Environmental Learning Dengan Problem-Based Learning: Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 9 Samarinda. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 104–110. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.546

Novita, R., Labesani, C., Jahrir, A. S., Novince, A., Jon, E., & Widyo, H. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3166–3172. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1100

Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. New York: Routledge.

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Saputri, P. T. I., & Purwasih, R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(6), 1045–1054. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.25469

Takaendengan, B. R., Asriadi, & Takaendengan, W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 67–75. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.690

Tumanggor, S. J., Kesuma, S., & Gultom, R. (2024). Analisis Tingkat Relevansi Merdeka Belajar dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara Pada Siswa di SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Rectum: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(2), 215–225. https://doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i2.5032.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Yeni, M., Yuliastanti, S., Erpidawati, E., Efendi, F., & Yilhas, R. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di STIA YPPN Padang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 421–427. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.1152

Published

2025-07-24

How to Cite

Sari, E. M., Pratiwi, I. R., Novitasari, N., & Riski, D. S. S. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/3942

Issue

Section

Articles

Citation Check