PERDEBATAN PERSPEKTIF EPISTEMOLOGIS DARI BEBERAPA ALIRAN DALAM FILSAFAT MATEMATIKA

Authors

  • Alfisyahputri Anugraeni Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Anggun Badu Kusuma Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

Abstract

Matematika seringkali dianggap sebagai ilmu yang kebenarannya sudah pasti dan bebas dari keraguan. Namun, dalam ranah filsafat matematika muncul perdebatan dari berbagai aliran yang mempertanyakan dasar-dasar pengetahuan dan kebenaran dari matematika. Artikel ini dibuat untuk membahas perdebatan perspektif epistemologi dari berbagai aliran filsafat matematika, seperti platonisme, absolutisme, fallibillisme, konvensionalisme, dan empirisme. Masing-masing aliran tersebut menawarkan pandangan yang berbeda mengenai kebenaran matematika. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka (library research). Kesimpulan dari artikel ini yaitu perbedaan perspektif epistemologis dalam filsafat matematika tidak hanya mencerminkan keragaman cara pandang terhadap matematika, tetapi juga mendorong refleksi yang lebih dalam terhadap pengetahuan matematika.

References

Azmar, A., Subekti, Y. R., & Marwa, M. (2025). Peran Filsafat Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika. INSPIRE: Innovation and Sustainability in Pedagogical Research and Education, 1(1), 60–64. https://proceeding.unilak.ac.id/index.php/inspire/article/view/12

Danuri, Qurohman, M. T., Rochmad, & Isnarto. (2022). Pengaruh Aliran Filsafat Rasionalisme terhadap Matematika: Pemikiran Imanuel Kant. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 145–149. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ernest, Paul. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. Taylor & Francis Group.

Marom, S., Lestari, S., & Rochmad. (2022). Pembentukan Media Pembelajaran Berbasis Computational Thinking Melalui Pendekatan Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). https://www.researchgate.net/publication/365009044_PEMBENTUKAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_BERBASIS_COMPUTATIONAL_THINKING_MELALUI_PENDEKATAN_FILSAFAT_MATEMATIKA

Pajriani, T. R., Nirwani, S., Rizki, M., Mulyani, N., Ariska, T. O., & Harahap, S. S. A. (2023). Epistemologi Filsafat. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 282–289. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.144

Prabowo, A. (2009). Aliran-aliran Filsafat dalam Matematika. JMP: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 25–45. https://scholar.google.com/scholar?q=+intitle:"Aliran-Aliran Filsafat dalam Matematika"

Qadry, I., Asyari, S., Ismiyati, N., & Patimbangi, A. (2021). Karakteristik Kultural dan Filosofi Matematika. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.30605/27458326-68

Rahmadani, E., Armanto, D., Safitri, E., & Umami, R. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Pendidikan Karakter. Journal of Science and Social Research, 4(3), 307–311. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.680

Sari, D. N., & Armanto, D. (2021). Matematika dalam Filsafat. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202–209. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Sukardjono. (2000). Filsafat dan Sejarah Matematika. Universitas Terbuka

Susanto, A. (2019). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara

Zalukhu, A., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 05(03), 6054–6062. http://jonedu.org/index.php/joe

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Anugraeni, A., & Kusuma, A. B. (2025). PERDEBATAN PERSPEKTIF EPISTEMOLOGIS DARI BEBERAPA ALIRAN DALAM FILSAFAT MATEMATIKA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/3772

Issue

Section

Articles

Citation Check