ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Siti Sarah Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sri Lestari Manurung Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nazwah Indri Agista Lubis Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Tiolina Maria Munthe Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.3533

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi kumpulan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuan mereka. Salam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan benar. Kesimpulannya, pemahaman konsep perkumpulan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan visualisasi dan solusi pemecahan masalah.

 

Kata Kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi himpunan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dengan benar. Simpulannya, pemahaman konsep himpunan sangat memengaruhi kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan pendekatan visualisasi dan pemecahan masalah.

 

Kata kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika.

References

Fausett, L. (1994). Fundamentals of Neural Network. New York: Prentice Hall.

Syaharuddin. (2017). Delphi for Education: Matematika, Multimedia & Database (1st ed.). Mataram: Wade Group Publisher.

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Back Propagation Untuk Peramalan Curah Hujanâ€, Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-5

Syaharuddin, Abdillah, Mandailina, V., & Pramita, D. (2019). DASS Application: Increasing the Quality of Academic Services for Lecturers and Students. International Journal of Scientific Research and Management, 7(01), 3–6. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v7i1.ec03

Ketut Linggih, I., & Fresidha Toyang, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Katolik Makale Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Zigma Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19 26. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/zig/index

AG, B., Waliana, & Angelia Permana, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP. Serambi Konstruktivis, 5(4), 39–47.

AG, B., Waliana, & Angelia Permana, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP. Serambi Konstruktivis, 5(4), 39–47.

Sari cicilia, Rasiman, & Nugroho aryo. (2019). Analisis Berpikir Aljabar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik).

Aulia Jannaatul, & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500.

Kadita Diana, Husaeni Herna,& Arifin Fatkhul. (2024). Analisis Kesulitan Belajar dan Solusinya Terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa. Buana Matematika, 15(2), 113-130.

Afinudin. Ah. (2023). Tingkat Kecemasan Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) terhadap Kemampuan Literasi Matematik pada Materi Aritmatika Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro

Badawi, A. Rochmad, Agoestanto, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Sarah, S., Manurung, S. L., Lubis, N. I. A., & Munthe, T. M. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.3533

Issue

Section

Articles

Citation Check