EFEKTIVITAS KOMIK MATHCOMAPPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Amam Taufiq Hidayat Universitas Malikussaleh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Mathematics Comic Application (MathComApps) sebagai media pembelajaran berbasis Android dengan muatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji efektivitas dilakukan dengan mengukur hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi di SMP Negeri 1 Dewantara dan SMP Negeri 3 Dewantara. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa di SMP Negeri 1 Dewantara mencapai 84%, sedangkan di SMP Negeri 3 Dewantara sebesar 83,3%, yang keduanya dikategorikan sebagai “sangat efektif.†Dengan demikian, MathComApps dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif yang mendukung pemahaman konsep matematika melalui pendekatan yang lebih interaktif dan kontekstual.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Hidayat, A. T. (2025). EFEKTIVITAS KOMIK MATHCOMAPPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/3530

Issue

Section

Articles

Citation Check