Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Authors

  • Liya Mawadah Universitas PGRI Semarang
  • M. Saifuddin Zuhri Universitas PGRI Semarang
  • Tersiana Indraswati SMP Negeri 1 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3396

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII materi pokok bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experimental design jenis pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan nilai posttest dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Analisis uji-t menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 88,618 dan kelas kontrol adalah 84,647. Dari hasil uji perbedaan rata-rata posttest menunjukkan bahwa nilai , maka  ditolak dan  diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL dengan pendekatan CRT ini dapat diimplementasikan secara efektif dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: PBL, CRT, Bangun Ruang Sisi Datar.

  

 

Abstract : The aim of this research is to evaluate the effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) integrated with a Culturally Responsive Teaching (CRT) approach on the problem-solving skills of seventh-grade students in the topic of solid geometry at SMP Negeri 1 Semarang. This quantitative research employs an experimental method with a true experimental design, specifically a pretest-posttest control group design. Cluster random sampling was used to select the sample. Data collection was conducted through testing. Data analysis involved normality tests, homogeneity tests, and mean difference tests on the posttest scores. The results of this research indicate that the average problem-solving ability of the experimental group is superior to that of the control group. T-test analysis reveals that the average problem-solving score of the experimental group is 88.618, compared to 84.647 for the control group. The mean difference test results show that  = 2.0175 is greater than  = 1.6683, leading to the rejection of  and acceptance of . This signifies a difference in the problem-solving abilities of students taught using the Problem-Based Learning (PBL) model with a Culturally Responsive Teaching (CRT) approach compared to those taught using conventional teaching methods. The findings show that the experimental class outperformed the control class in terms of problem-solving abilities. Therefore, the PBL model with a CRT approach can be effectively applied in the teaching process.

 

Keywords: PBL, CRT, Solid Geometry.  

 

References

Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Fraser, B. J., & Tobin, K. G. (2014). Cultural and Language Diversityin schools: Managing the Learning Environment. Routledge.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahmat. (1989). UU RI Nomor 2 tahun 1989.

Rosita, N. T. (2013). Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. November, 978–979.

Sudaryono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualintatif Kualintatif dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi). Alfabeta.

Jurnal

Aprianti, E., & Sumargiyani. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Rantepao. Sigma, 8(2), 102–107.

Bagassi, M., & Macchi, L. (2020). Creative Problem Solving as Overcoming a Misunderstanding. Frontiers in Psychology, 5, 538202.

Ferrini-Mundy, Joan. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics: A Guide for Mathematicians.†Notices of the American Mathematical Society 47(8).

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Husin, V. E. R., Wiyanto, Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21

Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwat. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99.

Lubis, A. (2018). Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Angkola. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 20–26.

Nasution, E. (2008). Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon.

Nasution, M. A., Rosjanuardi, R., & Kurniawan, S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar: Systematic literature review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 413-432.

Nasution, R. A., Rangkuti, A. N., & Hilda, L. (2019). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 97.

Nugroho, W., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2016). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Aspek Minat Belajar Matematika Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2).

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Education, 6(4), 7174- 7187.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif.

Saraswati, D., Sunarno, W., & Rahardjo, D. T. (2020). Pengaruh Pengajaran Model PBL Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10, 91–96.

Situmorang, A. S., Tambunan, H., Purba, Y. J. R., & Purba, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Balok di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8121–8127.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136

Sutarmi, S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Melalui Teknik Diskusi Dengan Metode PBL (Problem Based Learning) Siswa. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 4(3), 1–23

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.

Prosiding/Artikel Seminar

Nalurita, B. R., Nurcahyono, A., Walid, & Wardono. (2019). Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan E-Comic Math. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 395–402.

Shoit, A., Saifuddin Zuhri, M., & A’yun, Q. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, November 2023, 1429–1441.

Syaiful, S., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Darhim, D. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik. In Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (Vol. 16, Issue 1, pp. 9–16).

Tjahjadi, E. H., & Seleky, J. S. (2022). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar Efektif pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (7th SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, November, 350-357.

Downloads

How to Cite

Mawadah, L., Zuhri, M. S., & Indraswati, T. (2024). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–52. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3396

Issue

Section

Articles

Citation Check