Kajian Literatur Miskonsepsi Matematika dalam Materi Bangun Ruang : Identifikasi dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.2823Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran materi bangun ruang pada matematika. Miskonsepsi merupakan pemahaman yang salah atau tidak tepat terhadap konsep-konsep matematika, yang sering kali menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Kajian literatur ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait miskonsepsi pada bangun ruang, termasuk pada konsep volume, luas permukaan, dan sifat-sifat geometris lainnya. Temuan menunjukkan bahwa miskonsepsi sering kali berasal dari pemahaman yang tidak tepat sejak awal, kurangnya visualisasi yang efektif, serta metode pengajaran yang kurang memadai. Untuk mengatasi hal ini, berbagai solusi telah diidentifikasi, seperti penggunaan model konkret, teknologi berbasis visualisasi, serta pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Dengan menerapkan solusi-solusi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bangun ruang dan mengurangi miskonsepsi yang ada. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menyenangkan.
References
Boon, Jonatan. "Understanding and Addressing Student Misconceptions in Mathematics." Mathematics Teaching in the Middle School, vol. 23, no. 8, 2018, pp. 474-481.
Basten, Marga de. "Exploring Misconceptions about Three-Dimensional Geometry." Educational Studies in Mathematics, vol. 81, no. 2, 2012, pp. 191-215.
Llewellyn, Douglas. "Misconceptions of Three-Dimensional Shapes." Australian Mathematics Teacher, vol. 67, no. 2, 2011, pp. 11-17.
Hiebert, James, et al. "Learning and Teaching with Learning Trajectories." Mathematics Teaching in the Middle School, vol. 20, no. 4, 2015, pp. 200-207.
Kilpatrick, Jeremy, et al. "Research on Teaching and Learning Mathematics: Two Disciplines of Scientific Inquiry." Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, 2nd ed., NCTM, 2007, pp. 103-152.
Clements, Douglas H., et al. "Children's Spatial Thinking: Does Talk About the Spatial World Matter?" Developmental Science, vol. 10, no. 6, 2007, pp. 807-832.
National Council of Teachers of Mathematics. "Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All." NCTM, 2014.
Hidayah Putri, J., Rahmadani, S., Mariani, S., Ito Simamora. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Yang Memuat Nilai Mutlak. Journal on Education, 05(04)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.