Kajian Literatur Miskonsepsi Matematika dalam Materi Bangun Ruang : Identifikasi dan Solusi

Authors

  • Jihan Hidayah Putri Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia
  • talitha eriliyah wardhana br ginting Mahasiswa, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.2823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran materi bangun ruang pada matematika. Miskonsepsi merupakan pemahaman yang salah atau tidak tepat terhadap konsep-konsep matematika, yang sering kali menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Kajian literatur ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait miskonsepsi pada bangun ruang, termasuk pada konsep volume, luas permukaan, dan sifat-sifat geometris lainnya. Temuan menunjukkan bahwa miskonsepsi sering kali berasal dari pemahaman yang tidak tepat sejak awal, kurangnya visualisasi yang efektif, serta metode pengajaran yang kurang memadai. Untuk mengatasi hal ini, berbagai solusi telah diidentifikasi, seperti penggunaan model konkret, teknologi berbasis visualisasi, serta pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Dengan menerapkan solusi-solusi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bangun ruang dan mengurangi miskonsepsi yang ada. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menyenangkan.

References

Boon, Jonatan. "Understanding and Addressing Student Misconceptions in Mathematics." Mathematics Teaching in the Middle School, vol. 23, no. 8, 2018, pp. 474-481.

Basten, Marga de. "Exploring Misconceptions about Three-Dimensional Geometry." Educational Studies in Mathematics, vol. 81, no. 2, 2012, pp. 191-215.

Llewellyn, Douglas. "Misconceptions of Three-Dimensional Shapes." Australian Mathematics Teacher, vol. 67, no. 2, 2011, pp. 11-17.

Hiebert, James, et al. "Learning and Teaching with Learning Trajectories." Mathematics Teaching in the Middle School, vol. 20, no. 4, 2015, pp. 200-207.

Kilpatrick, Jeremy, et al. "Research on Teaching and Learning Mathematics: Two Disciplines of Scientific Inquiry." Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, 2nd ed., NCTM, 2007, pp. 103-152.

Clements, Douglas H., et al. "Children's Spatial Thinking: Does Talk About the Spatial World Matter?" Developmental Science, vol. 10, no. 6, 2007, pp. 807-832.

National Council of Teachers of Mathematics. "Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All." NCTM, 2014.

Hidayah Putri, J., Rahmadani, S., Mariani, S., Ito Simamora. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Yang Memuat Nilai Mutlak. Journal on Education, 05(04)

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Putri, J. H., & ginting, talitha eriliyah wardhana br. (2025). Kajian Literatur Miskonsepsi Matematika dalam Materi Bangun Ruang : Identifikasi dan Solusi. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.2823

Issue

Section

Articles

Citation Check