Penerapan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Mukhlisin Mukhlisin STKIP MELAWI
  • FLESIA WELLY FERIANTI STKIP MELAWI

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.2489

Abstract

Abstrak: Pentingnya penerapan konsep matematika pada Anak Usia Dini  dapat menjadikan guru dan orang tua orang tua mengambil peran dalam mengajarkannya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep-konsep dalam matematika pada masa awal masa kecil diperkenalkan. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Konsep yang diajarkan pada anak usia dini matematika yaitu: 1) Mengembangkan konsep bilangan pada anak usia dini, 2) Mengembangkan konsep pola dan hubungan. Penerapan konsep matematika pada anak usia dini diharapkan membuat anak menyukainya dan menikmati melakukannya sesuai dengan tujuan mereka dalam proses pembelajaran. 

References

Amalina, Amalina. 2020. “Pembelajaran

Matematika Anak Usia Dini Di Masa Pandemi

COVID-19 Tahun 2020.†Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 538.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592.

Astari, Tiara, and Nunuk Chozin. 2019.

“Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi

Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak

Usia 4-5 Tahun.†Semnasfip, 1– 14.

Clements, D., Mathematics in the Preschool,

(Teaching Children Mathematics: NCTM,

, hlm. 270.

Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lubis, NA, et al. 2021. “Permainan Matematika

Dan Sains Kreatif Bagi Anak Usia Dini Di TK

IT An Najah Takengon,†63–72.

Lubis, NA, ‘’Pengenalan Konsep Matematika Pada

DOI : 10.47766/seulanga.v3i1.429 P-ISSN :

-1624. E-ISSN : 2775-3921, SEULANGA :

Jurnal Pendidikan Anak

NCTM.Principles and Standars for School

Mathematics. Reston, VA: NCTM. 2000

Rachmawati. 2008. Bahan Ajar Diklat Pendidik

Anak Usia Dini; Matematika Untuk Anak Usia

Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Soedjadji, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di

Indonesia. Jakarta: Dirjen DIKTI. hlm.11

Solehuddin, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah,

( IKIP Bandung: Tidak Diterbitkan, 1997), h.50

Syafri, SF, ‘’Pengajaran Konsep Matematika Pada

Anak Usia Dini’’ Al Fitrah Journal Of Early

Childhood Islamic Education ISSN : 2599-2287

Vol.1 No.2

Warmansyah, Jhoni. 2016. “Pengaruh Metode

Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jurnal

Pendidikan Usia Dini 10: 99–120

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Mukhlisin, M., & FERIANTI, F. W. (2024). Penerapan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 78–82. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.2489

Issue

Section

Articles

Citation Check