Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas V Ditinjau dari Gender

Authors

  • Satria Adhi Manggala Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2390

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sudut di kelas V SD 1 Prambatan Lor. Sampel penelitian ini berdasarkan gender yakni perempuan dan laki-laki. Subjek Penelitian ini terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, tes berupa soal essay yang terdiri dari 4 butir soal. Pada soal terdapat indikator dalam kemampuan pemecahan masalah matematis yakni memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memerika kembali. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini dijelaskan secara rinci kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari penelitian ini adalah subjek 1 (laki-laki) jawaban lengkap, subjek 2 (laki-laki) jawaban kurang lengkap, subjek 3 (perempuan) jawaban lengkap, dan subjek 4 (perempuan) jawaban kurang lengkap.

References

Ayuni, Q. (2018). Peran Gender dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Jakarta.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Creswell, J. W. (2014). Reasearch Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.

Indrawati, T., & Tasni, T. (2016). Perbedaan Gender dalam Prestasi Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartono, K., & Sudia, N. (n.d.). Peran Gender dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta.

Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Didaktika, 1(2), 230–242. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.36538

Kusumasari, N., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching Learning Berbasis Keunggulan Lokal terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4741

NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895

Nur, C., & Palobo, M. (2018). Perbedaan Strategi Pemecahan Masalah Berdasarkan Gender. Universitas Negeri Surabaya.

Pehkonen, E. (1997). The State of art in mathematical creativity. ZDM Mathematics Education, 29(3), 63–67.

Prabowo, B. (2017). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BUSUR DERAJAT DAN JAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V SD. 11(2).

Rahayu, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model Pmri. Refleksi Edukatika, 5(2). https://doi.org/10.24176/re.v5i2.591

Rahayu, R., & Kartono, K. (2012). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(10), 1315–1318. www.ijsr.net

Simorangkir, D. S., & Napitupulu, E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 711–722. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1597

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Wahyudin. (2011). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wanti, T. (2017). Peran Matematika dalam Pembentukan Karakter dan Pola Pikir. Universitas Gadjah Mada.

Zhu, Y. (2007). Problem Solving and Reasoning in Mathematics. Educational Science Publishing House.

Published

2025-05-13

How to Cite

Manggala, S. A. (2025). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas V Ditinjau dari Gender. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2390

Issue

Section

Articles

Citation Check