Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas V Ditinjau dari Gender
DOI:
https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.2390Abstract
Penelitian dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sudut di kelas V SD 1 Prambatan Lor. Sampel penelitian ini berdasarkan gender yakni perempuan dan laki-laki. Subjek Penelitian ini terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, tes berupa soal essay yang terdiri dari 4 butir soal. Pada soal terdapat indikator dalam kemampuan pemecahan masalah matematis yakni memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memerika kembali. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini dijelaskan secara rinci kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari penelitian ini adalah subjek 1 (laki-laki) jawaban lengkap, subjek 2 (laki-laki) jawaban kurang lengkap, subjek 3 (perempuan) jawaban lengkap, dan subjek 4 (perempuan) jawaban kurang lengkap.
References
Ayuni, Q. (2018). Peran Gender dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Jakarta.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Creswell, J. W. (2014). Reasearch Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.
Indrawati, T., & Tasni, T. (2016). Perbedaan Gender dalam Prestasi Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kartono, K., & Sudia, N. (n.d.). Peran Gender dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta.
Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Didaktika, 1(2), 230–242. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.36538
Kusumasari, N., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching Learning Berbasis Keunggulan Lokal terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4741
NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895
Nur, C., & Palobo, M. (2018). Perbedaan Strategi Pemecahan Masalah Berdasarkan Gender. Universitas Negeri Surabaya.
Pehkonen, E. (1997). The State of art in mathematical creativity. ZDM Mathematics Education, 29(3), 63–67.
Prabowo, B. (2017). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BUSUR DERAJAT DAN JAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V SD. 11(2).
Rahayu, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model Pmri. Refleksi Edukatika, 5(2). https://doi.org/10.24176/re.v5i2.591
Rahayu, R., & Kartono, K. (2012). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(10), 1315–1318. www.ijsr.net
Simorangkir, D. S., & Napitupulu, E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 711–722. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1597
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Wahyudin. (2011). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wanti, T. (2017). Peran Matematika dalam Pembentukan Karakter dan Pola Pikir. Universitas Gadjah Mada.
Zhu, Y. (2007). Problem Solving and Reasoning in Mathematics. Educational Science Publishing House.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.