Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis Berdasarkan Teori Kastolan

Authors

  • Nazwa Guseynova Kamila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Etika Khaerunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2334

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan yang siswa lakukan dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan teori Kastolan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 SMAN 1 Ciruas. Intrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes literasi matematis yang berjumlah 6 butir soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan 3 jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematis, yaitu kesalahan konseptual sebesar 42,53%, kesalahan prosedural sebesar 31,61%, dan kesalahan teknik sebesar 25,86%. Kesalahan konseptual terjadi karena subjek penelitian terbiasa mengerjakan soal secara langsung ke prosedur penyelesaiannya tanpa menuliskan rumusnya terlebih dahulu. Penyebab terjadinya kesalahan prosedural antara lain tidak mengetahui langkah penyelesaian yang harus dilakukan selanjutnya, kurangnya kemampuan dalam memanipulasi langkah penyelesaian, kurangnya kemampuan dalam menerapkan operasi perpangkatan pada suatu bilangan, dan kurang terbiasanya mengerjakan jenis soal seperti yang diberikan. Penyebab terjadinya kesalahan teknik antara lain kurangnya kemampuan dalam melakukan operasi aljabar bentuk akar, belum selesainya prosedur penyelesaian yang dilakukan sehingga berdampak pada tidak adanya hasil, serta tidak menerapkan prosedur penyelesaian soal dengan tepat sehingga berdampak pada salahnya perhitungan.

 

Kata Kunci: analisis kesalahan, soal literasi matematis, teori kastolan

  

 

Abstract : This study aims to identify and describe the types of errors and factors that cause errors made by students in solving mathematical literacy problems based on Kastolan theory. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The subjects in this research were students of class XII IPA 5 at SMAN 1 Ciruas. The instrument in this research consisted of a mathematical literacy test instrument consisting of 6 questions and an interview guide. The research results showed that research subjects made 3 types of errors in solving mathematical literacy questions, namely conceptual errors of 42.53%, procedural errors of 31.61%, and technical errors of 25.86%. Conceptual errors occur because research subjects are used to working on problems directly to the solution procedure without writing down the formula first. Causes of procedural errors include not knowing what solution steps to take next, not being able to manipulate the solution steps, not being able to apply exponentiation operations of a number, and not understanding how to work on the type of problem given. Causes of technical errors include lack of ability to perform algebraic operations in the form of roots, not completing the solution procedure so that it does not produce results, and not applying the problem solving procedure correctly resulting in incorrect calculations.

 

Keywords: error analysis, mathematical literacy problems, castolan theory  

References

Anggraini, N., Utomo, D. P., & Azmi, R. D. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Minimum Competency Assesment Problems Based on Kastolan Theory. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.

Ayu, I. P., Mahayukti, G. A., & Made, N. S. M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/ika.v

Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika berdasarkan Metode Newman Ditinjau dari Kemandirian Belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/9067

Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics : Identifying and Addressing Student Errors. Retrieved from https://iris.peabody.vanderbilt.edu/wp-content/uploads/pdf_case_ studies/ics_matherr.pdf

Evriyanti, I., Yuniawatika, & Madyono, S. (2020). Errors Analysis Resolving Problems Story Based on Watson’s Error Category a Student in the 4 th Class of Elementary School. Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 487, 115–121. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.022

Faozi, R., Wardono, W., & Haryani, S. (2020). Mathematical literacy ability reviewed from self-efficacy in realistic mathematics education approach. Journal of Primary Education, 9(4), 353–363. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika P. Matematika, 8(1), 542–558.

Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1813–1820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1813-1820

Hakim, I. D., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 70–87. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/14517

Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 486–494. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5287

Imamuddin, M., Zulmuqim, & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4), 357–361. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.84

Kastolan. (1992). Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Dilakukan Siswa Kelas 2 Program A1 SMA Negeri Se-Kotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.

Kosasih, N. Z. (2020). Analisis Berpikir Aljabar dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21901

Moeleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Monica, S. S., Pamugkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP. Jurnal Educatio, 8(4), 1459–1470. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839

Narta, F., Astuti, R., & Jamilah. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(2), 491–500.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Sari, S. I., & Pujiastuti, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Berdasarkan Kriteria Kastolan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 21–29.

Sonia, A., Suanto, E., Kartini, & Maimunah. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM Numerasi pada Domain Geometri. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 34–45. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/15549

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, N. A., & Mukhni. (2021). Analisis Kesalahan Peserta didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Vektor Kelas X SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 79–84.

Wardhani, I. K., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Matriks. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1299–1306. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Zakinastrie, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras di Kelas VIII A Mts Al-Muhajirin Palu dengan Menggunakan Tahapan Kastolan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Palu: Universitas Tadulako.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kamila, N. G., Khaerunnisa, E., & Fathurrohman, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis Berdasarkan Teori Kastolan. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 42–51. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2334

Issue

Section

Articles

Citation Check