Pengaruh Metode Pembelajaran Hybrid Terhadap Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Ulfa Annisa Lubis Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Dian Fatma Diva Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.2313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metode pembelajaran hybrid terhadap self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di Indonesia. Metode pembelajaran hybrid menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online, yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan guru dan teman sebaya serta belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian ini  dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mengikuti metode pembelajaran hybrid dan kelompok kontrol yang mengikuti metode pembelajaran konvensional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran hybrid memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap self-efficacy siswa dalam matematika. Rata-rata skor self-efficacy siswa pada kelompok eksperimen meningkat dari 3.2 menjadi 4.0, sementara pada kelompok kontrol hanya meningkat dari 3.1 menjadi 3.2. Analisis paired samples test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0.05). Selain itu, prestasi matematika siswa pada kelompok eksperimen juga meningkat lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung penerapan metode pembelajaran hybrid sebagai strategi efektif untuk meningkatkan self-efficacy dan prestasi siswa dalam matematika.

References

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Cheng, J., & Wang, S. (2015). Hybrid Learning: The New Normal in Higher Education. Journal of Educational Technology, 12(4), 45-56.

Morris, J., Stommel, C., & Fritz, A. (2015). Hybrid Teaching and Learning: Exploring the Impacts on Student Achievement and Engagement. International Journal of Instructional Media, 42(3), 241-254.

Xue, H., Li, Z., & Chen, P. (2014). Enhancing Student Learning Outcomes with Hybrid Instruction: An Empirical Study. Educational Technology & Society, 17(2), 47-58.

Al-Shebli, M., & Ali, A. (2015). The Impact of Hybrid Learning on Student Self-Efficacy and Achievement. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 11(3), 75-85.

Johnson, R., Hornik, S., & Salas, E. (2013). An Empirical Examination of Factors Contributing to the Success of Hybrid Learning in Higher Education. Computers & Education, 62, 20-29.

Li, N., & Chu, S. (2015). Applying Hybrid Learning Models to Improve Student Self-Efficacy in Mathematics. Journal of Educational Research and Practice, 5(1), 23-39.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Lubis, U. A., & Diva, D. F. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Hybrid Terhadap Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.2313

Issue

Section

Articles

Citation Check